Pascasarjana UIN Jakarta Kembali Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Sabtu, 10 Juli 2021 - 06:17 WIB
loading...
Pascasarjana UIN Jakarta Kembali Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru
SPs UIN Jakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru jenjang pendidikan magister dan doktor bidang Pengkajian Islam tahun akademik 2021/2022. Foto/Dok/SPs UIN Jakarta
A A A
JAKARTA - Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru jenjang pendidikan magister dan doktor bidang Pengkajian Islam tahun akademik 2021/2022. Periode pendaftaran dibuka hingga Senin 9 Agustus 2021.

Berdasarkan rilis resmi SPs UIN Jakarta seperti dikutip dari laman resmi UIN Jakarta, Jumat (9/7), seleksi masuk direncanakan berlangsung pada tanggal 13 hingga 20 Agustus 2021. Sedang proses perkuliahan bakal dimulai pada 1 September 2021 mendatang.



Rilis mencatat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa. Di antaranya, melampirkan salinan ijazah poendidikan dasar, menengah, dan menengat atas. Lalu, salinan ijazah strata 1 untuk pendaftar program magister dan salinan ijazah strata 1 dan strata 2 bagi pendaftar program doktor.

Seluruh prodi asal pendaftar merupakan prodi terakreditasi yang telah dilegalisasi institusi terkait. “Salinan SK atau sertifikat perolehan status akreditasi prodi dan institusi dari BAN-PT atau lembaga kredibel lain tingkat internasional,” tambah rilis.

Calon mahasiswa juga wajib melamporkan salinan transkip nilai IPK minimal 3.00 atau jayyid, daftar riwayat hidup termasuk daftar karya ilmiah yang dipublikasi, rekomendasi dua instansi atau individu yang memiliki kualifikasi dalam menilai kompetensi pendaftar.



Lainnya, pernyataan sanggup membiayai kuliah selama studi atau sponsorship pembiayaan bagi lembaga atau indibidu yang mendanai biaya perkuliahan calon mahasiswa, surat pernyataan sanggup mentaati peraturan SPs, dan surat keterangan sehat.

“Pendaftar juga harus melampirkan proposal tesis minimal 15 halaman sebanyak tiga rangkap dan proposal disertasi minimal 20 halaman sebanyak 4 rangkap. Masing-masing dalam ukuran B5 bolak balik,” sebut rilis lagi.

Program Magister dan Doktor Pengkajian Islam SPs UIN Jakarta merupakan strata pendidikan S2 dan S3 yang telah berakreditasi A. Terdapat 36 konsentrasi keilmuan yang ditawarkan di kedua jenjang pendidikannya, seperti Antropologi dan Sosiologi Agama, Tafsir Hadits, Studi Perdamaian, Ekonomi, Hukum dan Hak Asasi Manusia, Politik, Psikologi, Filologi, Ilmu Politik dan Hubungan Internasional.

Para pengajarnya sendiri terdiri dari sejumlah profesor dengan berbagai latar belakang keilmuan mendukung. Diantaranya Profesor Azyumardi Azra, Profesor Ahmad Thib Raya, Profesor Andi M. Faisal Bakti, Profesor Ali Munhanif, Profesor Huzaemah Tahido, Profesor Jamhari, Profesor Oman Fathurrahman, dan Profesor Said Agil Husin al-Munawar.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2776 seconds (0.1#10.140)