4 Manfaat Magang bagi Mahasiswa

Rabu, 21 Juli 2021 - 22:18 WIB
loading...
4 Manfaat Magang bagi Mahasiswa
Aktivitas karyawan di sebuah perkantoran di Jakarta. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kegiatan yang akan dijalani mahasiswa di bangku perguruan tinggi tidak hanya duduk belajar di ruang perkuliahan untuk menyerap ilmu yang diberikan dosen. Ada banyak kegiatan lain yang akan dijalani di luar bangku perkuliahan, salah satunya magang .

Magang biasanya menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa. Magang pun tidak hanya bisa dilakukan di sektor-sektor industri. Beragam institusi dan lembaga juga akan memberikan pengalaman menarik bagi para peserta magang .

Dikutip dari Instagram resmi Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbudristek di @ditjen.dikti, Rabu (21/7/2021), dengan melaksanakan magang mahasiswa akan mengetahui bagaimana proses penerapan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani pendidikan ke dunia kerja secara langsung.



Bahkan, magang juga bisa menjadi langkah awal untuk menyambut karier masa depan. Lalu apa lagi manfaat magang bagi mahasiswa, simak empat manfaatnya berikut ini:

1. Keberlanjutan Karier
Biasanya magang menjadi salah satu syarat kelulusan. Tapi saat ini lewat magang insan dikti juga akan mendapatkan peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang

2. Keterlibatan Langsung dan Mendalam
Di tempat magang, peserta magang akan mendapatkan pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus kuliah

3. Gambaran Nyata Dunia Kerja
Program magang ini ibarat gerbang awal untuk masuk dan mengenal seluk beluk dunia kerja. Setelah melewati masa magang, harapannya mahasiswa tidak akan kaget lagi ketika sudah lulus dan harus bekerja di industri

4. Bangun dan Perluas Jaringan
Jaringan dan relasi adalah hal penting dalam dunia kerja. Dengan ikut program magang, insan dikti bisa bertemu orang-orang baru dan berpengalaman di dunia industri. Jaringan baru ini bisa sangat berguna saat menapaki dunia kerja.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)