Profesor Azyumardi Azra Scholarship Kembali Ditawarkan, Tertarik?

Kamis, 05 Agustus 2021 - 12:06 WIB
loading...
A A A
Rektor berharap para penerima beasiswa sendiri dapat melakukan penelitiannya secara serius dan layak publikasi jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional terekognisi. “Mudah-mudahan seleksi beasiswa juga betul-betul dapat menyasar mahasiswa layak beasiswa baik secara akademis,” harapnya lagi.

Rektor sendiri mengapresiasi positif pemberian dana beasiswa PAAS diberikan kepada para mahasiswa dengan riset konsentrasi sejarah. Ia berharap beasiswa ini dapat mendorong lahirnya sejarawan-sejarawan baru penerus Profesor Azyumardi Azra.

Diketahui, STF UIN Jakarta dan Program MSKI Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta sejak 2020 membuat satu inisiasi untuk mengabadikan nama Azyumardi Azra sebagai sebuah nama beasiswa. Diberi nama Professor Azyumardi Azra Scholarship, inisiasi ini punya cita-cita untuk melahirkan calon-calon sejarawan penerus riset Azyumardi Azra, dan memberi ghirrah bagi kajian Sejarah Islam.

Aplikasi dan proposal riset pendaftar program beasiswa diseleksi berdasarkan preferensi yang dapat memberikan terobosan dan kebaruan dalam pemajuan Studi Sejarah Islam Indonesia. Sedang topik-topik jangkauan pendanaan beasiswa mencakup riset tentang Filantropi Islam, Islam dan Gerakan Sosial, Kehidupan Keseharian Masyarakat Muslim, Pendidikan Islam, Lokalitas dan Kearifan Lokal, dan Ulama Lokal.

Pendanaan utama untuk beasiswa ini diperoleh dari skema penggalangan dana (fundraising) yang dikelola dengan semangat kedermawanan dan kesukarelawanan. Professor Azyumardi Azra bahkan menjadi patron dan turut memberikan sumbangsih dalam keberlangsungan beasiswa ini.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5439 seconds (0.1#10.140)