Berkarya di Tengah Pandemi, SMA Unggul Del Gelar Seni Virtual 'Nada untuk Cita'

Kamis, 12 Agustus 2021 - 20:32 WIB
loading...
Berkarya di Tengah Pandemi, SMA Unggul Del Gelar Seni Virtual Nada untuk Cita
Siswa-siswi dan guru SMA Unggul Del melakukan sesi rekaman musikalisasi puisi sebagai bagian dari pertunjukan seni virtual Nada Untuk Cita di Taman Wisata Geosite Sipinsur, Sumut. Foto/Dok/SMA Unggul Del
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir memberikan banyak tantangan untuk semua kalangan, termasuk anak-anak muda usia sekolah. Salah satu tantangan nyata yang dirasakan adalah turunnya motivasi anak yang dipengaruhi oleh kondisi kesehatan mental.

SMA Unggul Del , salah satu unit dan afiliasi Yayasan Del, menaruh perhatian khusus terhadap situasi ini dan menginisiasikan penampilan seni virtual untuk membangkitkan kembali semangat anak Indonesia.



Penampilan seni virtual dengan tema “Nada untuk Cita” dilakukan oleh siswa-siswi dan akan disiarkan secara daring pada 14 Agustus 2021 di kanal YouTube SMA Unggul Del dan Radio Del FM.

Selain untuk menyampaikan pesan bahwa pandemi tidak membatasi kreativitas anak, penampilan seni virtual ini juga merupakan kontribusi SMA Unggul Del dalam acara perayaan HUT ke-20 Yayasan Del yang mengusung tema “Warisan Untuk Bangsa”.

Ketua Panitia Acara HUT ke-20 Yayasan Del, Kerri Na Basaria menyampaikan, berangkat dari kepedulian Luhut Binsar Pandjaitan dan Istrinya, Devi terhadap anak-anak, Yayasan Del memberikan dukungan penuh kepada kegiatan pertunjukan seni virtual yang dilakukan oleh SMA Unggul Del.



"Saya yakin kegiatan ini dapat menjadi platform yang efektif untuk menyalurkan energi positif bagi anak Indonesia di tengah situasi pandemi yang menimbulkan banyak tekanan," kata Kerri Na Basaria dalam webinar, Kamis (12/8/2021).

Berbagai penyesuaian harus dilakukan siswa dan guru untuk beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19. Hal ini ternyata memberikan dampak buruk pada motivasi belajar anak.
“Kondisi pandemi yang tiba-tiba, tidak terprediksi menuntut adaptasi akan banyak perubahan dalam segala aspek kehidupan anak. Perubahan dan adaptasi ini dapat memicu stres yang nantinya akan berpengaruh pada kesehatan mental anak. Di masa yang penuh keterbatasan ini, penting bagi anak untuk memiliki sarana ekspresi, mengembangkan potensi diri, serta menikmati hiburan yang dapat meningkatkan kemampuan resiliensi mereka. Oleh karena itu, saya mendukung adanya kegiatan bertema kesenian, seperti penampilan seni virtual yang dilaksanakan oleh SMA Unggul Del,” jelas Gisella Tani Pratiwi, Psikolog Klinis Anak dan Remaja

Kepala Sekolah SMA Unggul Del, Arini Desianti Parawi menyampaikan latar belakang penampilan seni virtual 'Nada Untuk Cita', adalah menurunnya motivasi karena keterbatasan pada kegiatan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh pada kemauan anak-anak untuk berkarya, berkreativitas, dan melakukan praktik baik yang berdampak bagi dirinya maupun orang lain.

"Maka dari itu, SMA Unggul Del melalui penampilan seni virtual 'Nada Untuk Cita' ingin membangkitkan semangat anak, tidak hanya di lingkungan SMA Unggul Del, tetapi juga anak-anak lain di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa pandemi Covid-19 tidak akan membatasi generasi muda untuk berkarya,” terangnya.

SMA Unggul Del percaya bahwa penampilan seni virtual ini dapat membangkitkan kembali semangat anak, sambil menyadarkan bahwa pandemi ini bukanlah halangan bagi kita semua untuk berkarya.

Penampilan seni virtual 'Nada Untuk Cita' oleh SMA Unggul Del ini akan menampilkan berbagai pertunjukan bakat dari siswa-siswi seperti, musikalisasi puisi, fashion show, seni tari dan lainnya. Kegiatan ini akan ditayangkan secara daring melalui kanal YouTube SMA Unggul Del dan Radio Del FM, pada Sabtu, 14 Agustus 2021, Pk 15:00.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4311 seconds (0.1#10.140)