Universitas Esa Unggul Siap Jadi Tuan Rumah Lokakarya UI GreenMetric 2022

Minggu, 15 Agustus 2021 - 21:53 WIB
loading...
Universitas Esa Unggul Siap Jadi Tuan Rumah Lokakarya UI GreenMetric 2022
Universitas Esa Unggul (UEU). Foto/Dok/Humas UEU
A A A
JAKARTA - UI GreenMetric merupakan program pemeringkatan universitas kelas dunia berdasarkan aspek Kampus Hijau , yang meliputi isu lingkungan kampus (letak dan infrastruktur), energi, pengelolaan limbah, air, transportasi, dan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia (UI).

Setiap tahunnya diadakan Lokakarya UI GreenMetric yang digelar oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah III. Pada Lokakarya tahun ini, Universitas Esa Unggul (UEU) ditunjuk sebagai pembicara dan pada lokakarya UI GreenMetric 2022, UEU bersedia menjadi tuan rumah.



Universitas Esa Unggul sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia merasa perlu untuk mewujudkan kampus hijau, sebagai bentuk komitmen, bahwa kampus merupakan institusi yang memiliki dampak besar terhadap alam dan lingkungan.

Dalam Lokakarya UI Greenmetric LLDIKTI III 2021 yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (3/8), bertindak sebagai salah satu pembicara, Rektor Universitas Esa Unggul Dr.Ir. Arief Kusuma Among Praja,MBA, IPU, mengatakan UEU sebagai sebuah Institusi Pendidikan telah menerapkan konsep Green Plan guna mewujudkan dan mengimplementasikan sustainability campus.

“Esa Unggul telah menerapkan Sustainability campus, yaitu dengan menyelesaikan pembangunan beberapa gedung baru di dua lokasi kampus milik Universitas Esa Unggul dengan desain yang mengacu kepada konsep Green Building yang dapat mengurangi penggunaan energi, renewable energy, pengurangan dan penanggulanagan air serta limbah,” terang Arief.



Arief pun melanjutkan dalam perkembanganya UEU juga telah mencanangkan program Green Campus dalam bidang transportasi, salah satunya dengan mengurangi jumlah kendaraan bemotor dalam kampus, mengutamakan penggunaan kendaaan nol emisi di area kawasan kampus dan mengurangi polusi dari angkutan bus kampus.

“Universitas Esa Unggul secara bertahap dan terus menerus meningkatkan pencapaian kampus hijau yang sustainable untuk memaksimalkan terwujudnya konsep kampus hijau modern, dan kami pun telah siap menjadi Tuan Rumah Lokakarya UI GreenMetric LLDIKTI wilayah III di tahun 2022,” ucapnya.

Lokakarya UI Greenmetric LLDIKTI III bertujuan untuk memberikan informasi terkini tentang UI Greenmetric World University Rankings Network, membagikan praktik terbaik dalam implementasi UI Greenmetric di perguruan tinggi LLDIKTI III, membantu perguruan tinggi menyelesaikan kuesioner UI Greenmetric, dan memberi kesempatan kerja sama di bidang keberlanjutan.

Universitas Esa Unggul memiliki visi Menjadi perguruan tinggi kelas dunia berbasis intelektualitas, kreativitas dan kewirausahaan yang unggul dalam mutu pengelolaan (proses) dan hasil (output) kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dan memiliki MISI: Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan relevan, Menciptakan suasana akademik yang kondusif, Menciptakan pemimpin yang berkarakter dan berdaya saing tinggi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)