4 Jurusan Tepat yang Bisa Kamu Pilih di Era Revolusi Industri 4.0

Senin, 16 Agustus 2021 - 22:30 WIB
4 Jurusan Tepat yang Bisa Kamu Pilih di Era Revolusi Industri 4.0
Generasi muda harus benar-benar cerdas melihat situasi di era revolusi industri 4.0, salah satunya dalam memilih jurusan kuliah. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Memasuki era revolusi industri 4.0 , persaingan dalam mencari pekerjaan semakin ketat. Untuk menghadapinya, generasi muda harus mempersiapkan dan membekali diri dengan pendidikan sesuai passion dan jurusan yang tepat pada jenjang perkuliahan.

Mereka harus benar-benar cerdas melihat situasi di era revolusi industri 4.0, salah satunya dengan memilih jurusan kuliah. Orang-orang semakin teliti dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat agar nantinya bisa menyesuaikan dengan situasi era saat ini.

Berikut adalah jurusan kuliah yang lulusannya sangat dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0, diantaranya:

Baca juga: Ini Tips bagi yang Masih Bingung Memilih Jurusan Kuliah

1. Teknik Informasi
Perguruan tinggi saat ini banyak yang memberikan perhatian terhadap bidang ini, khususnya untuk mempelajari keamanan siber yang efektif di berbagai bidang industri. Jurusan ini juga mempelajari proteksi data pemerintah atau bahkan individu dari serangan dunia maya 'cyber attack'. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari materi tentang cyber forensic, data structure, programming, coding, dan network penetration testing.



Lulusan jurusan ini akan memiliki prospek kerja sebagai Computer Forensics Analyst, Big Data Architect, Security Analyst, dan Cyber Intelligence Officer. Maka dari itu, memiliki gelar sarjana Teknologi Informasi ataupun master di Teknologi Informasi merupakan pilihan tepat bagi kamu yang tertarik bidang ini.

2. Sistem Informasi
Aplikasi yang selama ini kita gunakan disediakan oleh Android dan IOS dikembangkan oleh para developer aplikasi. Kompeten pada algoritma dan logika yang kuat merupakan modal utama jika ingin menjadi seorang developer aplikasi, dan tentunya mengambil kuliah jurusan Sistem Informasi. Pada jurusan ini pelajar akan dibekali cara untuk membuat aplikasi guna mempermudah masyarakat dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Baca juga: Psikolog: Ingat! Ini 2 Pertimbangan Sebelum Menentukan Jurusan Kuliah

3. Artificial Intelligence
Artificial Intelligence merupakan suatu disiplin yang memiliki pengaplikasian luas untuk mendukung pengambilan suatu keputusan. Program studi tersebut akan berfokus pada pengembangan artificial intelligence untuk menghasilkan suatu sistem yang autonomous atau cerdas. Sistem tersebut akan memiliki banyak manfaat dan kegunaan serta dapat diaplikasikan di berbagai bidang keilmuan. Pengetahuan dan kemampuan yang akan dipelajari jika memilih program studi tersebut adalah matematika dan fisika dasar.

4. Matematika Statistika
Di era digital seperti sekarang ini, profesi sebagai data scientist, jurusan Matematika adalah salah satu yang paling dibutuhkan menjelang Industri 4.0. Mereka akan membantu dalam pengelolaan dan menganalisis segala kebutuhan perusahaan yang berhubungan dengan data. Menjalani profesi data scientist akan banyak dibutuhkan di dunia kerja mendatang. Banyak perusahaan besar yang bergelut di bidang marketing dan telekomunikasi yang membutuhkan seorang data scientist punya kemampuan seperti menghitung tabel, diagram, dan grafik dengan jeli.

Perusahan-perusahaan tersebut terutama yang memiliki keterkaitan dengan sistem yang terintegrasi serta merambah ke segala bidang. Saat memilih jurusan matematika statistik, mata kuliah yang akan diperoleh berupa ilmu aljabar linear untuk dasar statistika. Kemudian, mata kuliah rancangan percobaan, metode survei sampel dan ilmu statistika khususnya analisis regresi.

Jurusan matematika statistik memberikan peluang kerja bagi lulusannya sebagai pegawai bank (Account officer), Market Researcher, Data Scientist, Analisis Anggaran, dan Analisis Sistem.

Itulah tadi beberapa jurusan yang lulusannya bakal sangat dibutuhkan menjelang Revolusi Industri 4.0. Jika kamu berminat untuk kuliah tapi memiliki kendala di masa pandemi Covid-19, kamu bisa cari-cari info beasiswa seperti yang disediakan oleh kampus Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN), simak juga pada halaman www.istn.ac.id. Kamu bisa mempersiapkan untuk memilih kampus yang menyediakan jurusan ini mulai dari sekarang.
(abd)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1638 seconds (10.101#12.26)