Kemendikbudristek Luncurkan Sistem Layanan untuk Kurangi Beban Administrasi Dosen

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 06:54 WIB
loading...
Kemendikbudristek Luncurkan Sistem Layanan untuk Kurangi Beban Administrasi Dosen
Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek Prof Nizam. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek meluncurkan empat layanan berbasis IT untuk mempermudah proses administrasi dosen. Keempat layanan yang diluncurkan ini adalah laman Penilaian Angka Kredit (PAK), Selancar PAK Mobile lalu aplikasi SISTER Beban Kerja Dosen (BKD) dan API Portofolio SISTER.

Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Prof Nizam mengatakan, peluncuran sistem layanan ini merupakan wujud komitmen Ditjen Diktiristek untuk sigap melayani seluruh insan pendidikan tinggi. Hal ini penting, katanya, sebab kunci SDM yang unggul, daya saing bangsa dan kemajuan inovasi itu ada di produktivitas untuk bisa selalu melakukan yang terbaik dalam pekerjaan.



"Kita sebagai akademisi, sebagai dosen tentunya mempunyai tugas Tridharma yang sangat penting. Dan untuk itu maka produktivitas kita dalam Tridharma harus didorong," katanya pada peluncuran Laman PAK, Selancar PAK Mobile dan Sosialisasi SISTER BKD secara daring, Kamis (19/8/2021).

Oleh karena itu, katanya, pihaknya akan memfasilitasi dosen untuk terus produktif. Sebab, ujarnya, beban administrasi dosen kadang cukup ribet sehingga perlu dibangun sistem yang lebih efisien dan efektif dan mengurangi redudansi.

Nizam pun meminta ada sistem yang bisa meminimalisir redudansi data, mengurang re entry data dan mengintegrasikan seluruh sistem. Hal ini penting, katanya, untuk bisa meningkatkan produktivitas dosen.



Selain itu, katanya, harus ada transparansi untuk memastikan integritas proses. Misalnya dalam proses sistem penilaian angka kredit dosen sehingga dosen pun bisa mengetahui sudah sampai dimana berkas pengajuannya dan proses reviewnya juga.

"Ini untuk meningkatkan transparansi melalui tracking yang bisa dilakukan pengusul sehingga mereka tahu prosesnya sudah sampai dimana," katanya.

Direktur Sumber Daya Diktiristek Kemendikbudristek Sofwan Effendi mengatakan, sebagai kado kemerdekaan RI tahun ini pihaknya meluncurkan secara serentak laman PAK, selancar PAK Mobile, Sister BKD dan API Portofolio.

Sofwan menjelaskan, integrasi 4 layanan dosen tersebut merupakan langkah awal peningkatan manajemen transformasi sumber daya manusia perguruan tinggi yang berorientasi pada 2 poros perubahan.

"Poros yang berkaitan dengan substansi diimplementasikan dengan mengintegrasikan materi pengaturan karir dan kompetensi dosen yang disinkronkan dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka," katanya.

Lalu poros terkait tata kelola diimplementasikan dengan memanfaatkan kemajuan informasi dan teknologi melalui penyederhanaan tahapan yang mengurangi beban administrasi dosen.

Sofwan menjelaskan, inovasi yang kali ini diluncurkan adalah desain ulang laman PAK dosen untuk menyajikan informasi yang lebih interaktif. Selanjutnya integrasi konten Selancar PAK dosen dengan SK Lektor Kepala dan Guru Besar sehingga dosen dapat memantau sendiri progres usulan jabatan fungsionalnya hingga terbit SK secara integratif.

Layanan berikutnya adalah peningkatan layanan Selancar PAK dosen melalui aplikasi mobile yang bisa diunduh di android dan juga playstore sehingga layanan Selancar PAK bisa diakses melalui telepon genggam.

Selain itu ada Application Programming Interface (API) Portofolio SISTER yang mampu menghubungkan aplikasi berbeda dalam platform yang sama maupun dalam platform yang berbeda pada perguruan tinggi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2560 seconds (0.1#10.140)