Tingkatkan Literasi Numerasi Siswa, Kompetisi Matematika Online Digelar

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 23:45 WIB
loading...
Tingkatkan Literasi Numerasi Siswa, Kompetisi Matematika Online Digelar
Peluncuran EMC 2021. Foto/tangkapan layar Youtube
A A A
JAKARTA - Kompetisi matematika nasional tingkat pelajar kembali digelar di tahun ini. Kompetisi yang dinamakan Eduversal Mathematics Competition (EMC) digelar secara online ini menggunakan soal high order thinking skill (HOTS) dan mengundang seluruh pelajar untuk ikut serta sehingga meskipun dalam masa pandemi namun akan menyalakan api semangat siswa untuk berkompetisi.

Direktur Eduversal Dwi Prajitno Wibowo mengatakan, seiring dengan semangat pemerintah dalam rangka penguatan literasi numerasi terutama dikalangan pelajar Indonesia, pihaknya kembali mengadakan ajang kompetisi EMC.

Baca juga: Ini Daftar Aplikasi dan Laman yang Diblokir Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek

“Kompetisi ini diharapkan dapat menarik minat para siswa untuk semangat berkompetisi sekaligus lebih membumikan peran Matematika dalam setiap aspek kehidupan,” katanya pada peluncuran EMC secara daring,Sabtu (21/8/2021).

EMC adalah ajang kompetisi matematika online nasional yang diselenggarakan setiap tahun. Dia menyatakan, matematika perlu dikenalkan lebih jauh ke siswa karena sejatinya Matematika adalah bahasa Universal yang digunakan oleh seluruh negara-negara di dunia. Matematika juga menjadi jembatan bagi seluruh bidang keilmuan agar saling berkomunikasi satu sama lain.

Lebih lanjut, Dwi menambahkan bahwa pada tahun 2019, pihaknya telah berhasil menyelenggarakan EMC perdana dengan menggabungkan sistem offline dan online dengan jumlah pendaftar mencapai lebih dari 3200 siswa dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Bantuan Kuota Data Internet Mulai Disalurkan September, Ini Besaran Bantuannya

Adapun peserta yang menjadi juara berjumlah 28 siswa dari setiap kategori (kelas 5-11). Karena pandemi, sistem EMC pun berubah menjadi sepenuhnya online. Pada 2020, EMC berhasil menarik 4097 siswa dari 831 sekolah se-Indonesia dari berbagai tingkatan.

Dwi juga menyatakan bahwa tahun ini, dengan kondisi kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi EMC akan kembali digelar dengan format Online. Pendaftaran EMC 2021 dibuka mulai tanggal 21 Agustus sampai dengan tanggal 29 Oktober 2021.

Pelaksanaan lomba akan diselenggarakan pada tanggal 6 November 2021. Seluruh proses pendaftaran dan pelaksanaan ujian EMC akan diselenggarakan dalam satu platform yaitu https://kompetisi.net/.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1785 seconds (11.252#12.26)