Bagaimana Cara Membangkitkan Minat Baca pada Anak? Ini Jurusnya

Rabu, 01 September 2021 - 23:30 WIB
loading...
A A A
Dalam sesi awal webinar yang dimoderatori oleh Vicky Taniady ini, dibuka dengan mendongeng atau story telling tentang “Asiknya Menanam Hidroponik” yang dibawakan oleh Rangga Wisnu (Kak Rangga), Konsultan Humanitarian di Kepramukaan Dunia (WOSM). Sesi mendongeng ini diiringi dengan gambar animasi menarik pada layar.

Selain membacakan buku, ada beberapa kiat yang dibagikan Nanang untuk menumbuhkan minat baca, yaitu menentukan motivasi untuk membaca buku, membuat daftar judul buku yang ingin dibaca, membeli atau meminjam buku, menyisihkan waktu untuk membaca buku, memilih tema buku yang diminati, memanfaatkan waktu menunggu (dalam antrian, dalam perjalanan) untuk membaca buku, buat games/challange dengan teman atau keluarga, dan mengikuti seminar/webinar tentang buku dan tulis-menulis.

Tidak sebatas kiat, dalam webinar ini para peserta pun ditantang untuk mendongeng secara spontan dengan imajinasi masing-masing berdasarkan gambar yang ditampilkan panitia. Pada sesi ini, para peserta dari berbagai usia sangat antusias untuk menjawab tantangan ini. Tentu saja ada hadiah menarik bagi peserta yang juara, yaitu Buku kumpulan cerpen anak berjudul “Aku Pejuang Corona”.

“Kemasannya menarik, dibawain dengan profesional tapi santai, jadi menyenangkan. Banyak manfaat juga, bisa lihat langsung simulasi strory telling yang menyenangkan,” ujar Tri Liliani Ulfa, ibu tiga anak asal Bandung yang merupakan salah satu peserta webinar. “Menyenangkan, aku tidak bosan,” ujar Alea, salah satu peserta asal Madiun yang berusia 12 tahun.

Acara ditutup meriah dengan foto bersama dan ucapan terima kasih dari peserta dari penjuru Indonesia yang disampaikan sembari meninggalkan aplikasi zoom meeting.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)