Program Kampus Merdeka Berikan Mahasiswa Pengalaman di Luar Kampus

Jum'at, 10 September 2021 - 23:20 WIB
loading...
Program Kampus Merdeka Berikan Mahasiswa Pengalaman di Luar Kampus
Workshop Program MBKM sebagai Perwujudan Pendidikan Tinggi dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Kompeten, Unggul dan Kreatif. Foto/Dok Untar
A A A
JAKARTA - Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Untar Dr. Kurnia Setiawan mengatakan saat ini semua orang mengalami perubahan besar akibat pandemi Covid-19 sehingga adaptasi dan penggunaan teknologi menjadi mutlak. Penerapan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan dapat menjawab masalah pendidikan yang dihadapi di Indonesia.

“Secara umum, ada perubahan besar dalam pendidikan di Indonesia melalui program MBKM. Cara pandang dan paradigma baru ini, diharapkan dapat membawa hasil yang bermanfaat dalam mencetak SDM unggul. Melalui hal ini, diharapkan kita dapat memahami bahwa memperoleh ilmu dengan belajar di kampus saja, namun dapat dilakukan di luar kampus. Belajar tidak hanya melulu bidang akademik tetapi harus didukung dengan kegiatan-kegiatan lainnya,” katanya melalui siaran pers, Jumat (10/9/2021).



Prodi Desain Interior Untar dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Untar mengadakan Workshop “Program MBKM sebagai Perwujudan Pendidikan Tinggi dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Kompeten, Unggul dan Kreatif” secara daring.

Ketua Prodi Desain Interior Maitri Widya Mutiara menegaskan, memberikan kesempatan mahasiswa melaksanakan pembelajaran di luar kampus adalah salah satu cara mendekatkan mahasiswa dengan industri agar mereka memahami dan mampu menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan industri, salah satunya dengan penerapan program MBKM.

“Melalui program MBKM, kami mengarahkan para mahasiswa membuat sebuah karya yang akan dipublikasikan. Juga mengarahkan mahasiswa melakukan kolaborasi dan memilih apa yang menjadi ketertarikan baik dalam penelitian, magang, workshop, seminar, dan lain-lainnya. Hal ini penting agar mahasiswa terbiasa menciptakan karya dan mengenali apa yang diinginkan sebelum masuk ke dunia professional,” tegasnya.



Koordinator Program Kewirausahaan & Dosen Prodi Desain Interior FSRD Untar Anastasia Cinthya Gani menyampaikan, para lulusan diharapkan tidak hanya menjadi seorang yang profesional, namun juga menciptakan lapangan pekerjaan.

“Melalui mata kuliah Kewirausahaan Kreatif, para mahasiswa akan dibekali dengan berbagai ilmu dan pengetahuan dasar berwirausaha hingga cara dalam mengeksekusi keputusan. Tidak hanya teori, mahasiswa juga dibekali dengan berbagai praktik agar memiliki pengalaman nyata dalam berwirausaha. Mampu menciptakan ide-ide kreatif kedepan di bidang desain interior,” katanya.

Melalui pemaparan pedoman magang, Koordinator Program Magang & Dosen Prodi Desain Interior FSRD Untar Fivanda menyampaikan, mahasiswa dapat menjalani magang di berbagai tempat seperti perusahaan, yayasan nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah, perusahaan swasta atau rintisan (start-up), dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)