Program Kampus Merdeka Berikan Mahasiswa Pengalaman di Luar Kampus

Jum'at, 10 September 2021 - 23:20 WIB
loading...
A A A
“Program magang dirancang untuk memberikan pengalaman nyata bagi para mahasiswa. Mahasiswa dapat memperoleh dan mengembangkan keterampilan dalam menyelesaikan masalah, berpikir kritis, dan menganalisa (hard skills) serta memahami etika profesi, cara berkomunikasi, dan bekerja sama yang baik (soft skills). Melalui hal ini, mahasiswa akan mengenali tempat kerja dengan baik dan memiliki kesiapan yang matang untuk masuk dalam dunia kerja,” jelasnya.

Mensosialisasikan program studi independen, Koordinator Prodi Independen & Sekretaris Prodi Desain Interior Untar Augustina Ika Widya menjelaskan, program studi independen dirancang untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam mengerjakan proyek secara mandiri dengan bimbingan dosen sesuai tantangan dan kebutuhan industri yang diminati mahasiswa.

“Mahasiswa dapat memilih proyek dan industri sesuai dengan minatnya, sehingga dapat mengeksplor minat lebih jauh dan detail. Para mahasiswa pun akan menghasilkan sebuah karya ilmiah ataupun karya desain yang dapat dipublikasikan dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Memaparkan tentang program penelitian, Koordinator Program Penelitian & Wakil Dekan FSRD Untar Noeratri Andanwetri menjelaskan, program penelitian juga tidak kalah penting dalam proses belajar dan penerapan program MBKM di bidang desain interior.

“Program penelitian dapat membantu dalam melatih cara berpikir kritis dan menguasai bidang riset melalui pembelajaran eksperimen (experimental learning) baik di dalam maupun di luar kampus. Melalui program ini, mahasiswa juga dapat memperoleh transfer ilmu dari berbagai sumber di lapangan dan memberikan sudut pandang baru dalam menyelesaikan masalah, terutama di bidang desain interior,” katanya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)