Ornamen Header
Pakar Robot IPB Ciptakan Robot Cerdas Pemanen Buah Melon, Ini Penampakannya
Pakar Robot IPB Ciptakan Robot Cerdas Pemanen Buah Melon, Ini Penampakannya
IPB University kembali menghadirkan inovasinya untuk mengatasi permasalahan pertanian, berupa robot pemanen buah melon. Foto/Dok/Humas IPB
JAKARTA - IPB University kembali menghadirkan inovasinya untuk mengatasi permasalahan pertanian bangsa. Kali ini inovasi yang ditawarkan berupa robot pemanen buah melon.

Ketua Tim Inovator IPB University Dr Karlisa Priandana mengatakan, “Kami mencoba membuat inovasi berupa melon-harvesting robot, yaitu alat pemanen buah melon untuk otomatisasi dalam smart melon greenhouse di Agribusiness and Technology Park IPB University,” katanya melalui siaran pers, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Keren, Mahasiswa Universitas Pertamina Ubah Limbah Kulit Salak Jadi Energi

Pakar robotik IPB University ini menjelaskan, dengan menggunakan melon-harvesting robot, penentuan kematangan buah melon diharapkan dapat menjadi lebih presisi sehingga kualitas hasil panen menjadi lebih tinggi. Ia juga menyebut, melon-harvesting robot ini juga merupakan salah satu upaya IPB University untuk menarik minat generasi muda bergerak di bidang pertanian.



Dalam pembuatannya, IPB University bekerja sama dengan PT XL Axiata dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Perancangan dan pengembangan melon-harvesting robot dilakukan di Advanced Research Laboratory IPB University.

Tim dari IPB University adalah Prof Agus Buono; Prof Usman Ahmad; Dr Dwi Guntoro; Dr Karlisa Priandana; Dr I Dewa Made Subrata; Dr Sri Wahjuni; Dr Medria Kusuma Dewi Hardhienata; Wulandari, MAgrSc; Endang Purnama Giri; dan Auriza Rahmad Akbar.

Baca juga: Kisah Perjuangan Albarr, Mahasiswa Termuda yang Akhirnya Diterima di FK UNAIR

“IPB University merancang konsep melon-harvesting robot serta menyediakan seluruh komponen robot,” ungkap Dosen IPB University dari Departemen Ilmu Komputer Dr Karlisa Priandana melalui siaran pers, Rabu (8/9/2021).

Komponen robot yang dimaksud meliputi badan robot, lengan robot, dan mengembangkan teknik image processing untuk mengenali kematangan buah melon berdasarkan citra buah melon.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!