Pakar Robot IPB Ciptakan Robot Cerdas Pemanen Buah Melon, Ini Penampakannya

Sabtu, 11 September 2021 - 23:06 WIB
loading...
A A A
Selain itu, IPB University juga menyediakan greenhouse yang berlokasi di Agribusiness and Technology Park yang menjadi etalase inovasi IPB University. Hal ini juga bisa menjadi kegiatan promosi kepada para tamu IPB University terhadap inovasi teknologi robotika yang dihasilkan, menyediakan biaya operasional penanaman melon mulai dari penyediaan media tanam, peralatan irigasi hingga fertigasi.

Jenis melon yang dapat dipanen menggunakan melon-harvesting robot adalah melon golden Alisha F1. Melon ini telah ditanam dan dibudidayakan dalam smart greenhouse melon.

Asisten Direktur Stasiun Lapang Direktorat Bisnis IPB University Dr Dwi Guntoro mengatakan, melon golden Alisha F1 merupakan salah satu melon yang memiliki sifat tahan terhadap penyakit virus. Melon ini memiliki warna kulit kuning cerah dan sangat cocok ditanam di dalam greenhouse.

“Ketika matang, rasa daging buahnya sangat manis dan teksturnya crunchy/krispi, tidak lembek seperti buah melon yang umum dijual di pasaran,” ujar Dr Dwi Guntoro.

Dosen IPB University dari Departemen Agronomi dan Hortikultura ini pun menjelaskan, permintaan pasar terhadap melon ini sangat tinggi dan harganya cukup tinggi dan stabil. Oleh karena itu, katanya, ATP IPB University berusaha meningkatkan volume produksi serta kualitasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)