Keahlian yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Minggu, 12 September 2021 - 18:34 WIB
loading...
Keahlian yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Sebelum Terjun ke Dunia Kerja
10 keterampilan ini pastinya harus diketahui para mahasiswa mulai sekarang. Foto/DOk/SINDOnews
A A A
JAKARTA - World Economic Forum (WEF) pada Oktober 2020 lalu merilis artikel terkait 10 skill atau keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2025 mendatang.

10 keterampilan ini pastinya harus diketahui para mahasiswa mulai sekarang. Sebab, untuk mampu bertahan di tengah kerasnya persaingan dunia kerja dibutuhkan pegawai yang mempunyai kemampuan keterampilan mumpuni.



Mengutip laman Binus University di binus.ac.id, Minggu (12/9/2021), WEF memprediksi pada 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Berdasarkan prediksi tersebut setidaknya 50% pegawai perlu menambah dan memperbaiki skill mereka supaya bisa bertahan di dunia kerja. Berikut ini 10 skill yang wajib dipunya mahasiswa:

1.Mampu Berpikir secara Analitis dan Inovatif
Guna menyelesaikan permasalahan secara cepat dan akurat, pekerja perlu memiliki kemampuan berpikir secara analitis. Di sisi lain, kemampuan dalam berinovasi juga dibutuhkan demi mencari terobosan baru sesuai kebutuhan pasar.

2. Pembelajaran Aktif (Active Learning) dan Mandiri
Secara umum pembelajaran aktif menuntut seseorang untuk memaksimalkan otak mereka guna menemukan ide pokok dari materi yang dipelajari dan mengaplikasikan hasil belajar untuk menyelesaikan persoalan dalam kehidupan nyata.



Pada kasus pekerja, mandiri dan kemampuan pembelajaran aktif membuat individu tersebut memiliki kemauan kuat untuk terus belajar dan menerapkan ilmu yang mereka dapat guna memperbaiki kinerjanya.

3. Ahli dalam Menyelesaikan Masalah yang Kompleks
Skill ini dibutuhkan agar pekerja dapat melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan mencari pendekatan paling tepat untuk menemukan solusi terbaik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2355 seconds (0.1#10.140)