Ornamen Header
Singkirkan IPB dan ITB, Mahasiswa Andalas Ini Juara Pilmapres 2021
Singkirkan IPB dan ITB, Mahasiswa Andalas Ini Juara Pilmapres 2021
Juara 1 Pilmapres Jenjang Sarjana Refa Rahmaddiansyah dari Universitas Andalas. Foto: Dok/Kemendikbudristek
JAKARTA - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk berprestasi. Hal tersebut ditunjukan dengan berbagai prestasi yang diraih, salah satunya melalui Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2021 jenjang Diploma dan Sarjana yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemendikbudristek).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim mengaku bangga atas capaian mahasiswa di situasi penuh tantangan ini. “Saya mengagumi ketangguhan adik-adik untuk terus berprestasi. Selamat pada seluruh peserta dan finalis,” ucap Mendikbudristek melalui siaran pers, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Berprestasi di Usia Muda, Ini Sederet Prestasi Stanve di Kompetisi Global

Peraih juara pertama mahasiswa berprestasi Jenjang Sarjana diraih Refa Rahmaddiansyah dari Universitas Andalas, juara kedua diraih R. Imam Nuryaman dari Institut Pertanian Bogor, dan juara ketiga Ilham Subandoro dari Institut Teknologi Bandung.



Untuk Jenjang Diploma, juara pertama diraih Fadl Lul Hakim Ihsan dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, juara kedua diraih Sovia Rahmania Warda dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan juara ketiga oleh Ni Putu Adeyani dari Universitas Diponegoro.

Menteri Nadiem mengajak mahasiswa memaknai lagi arti mahasiswa berprestasi, yaitu kontribusi bagi sesama. “Selama pandemi, pelajar dan mahasiswa terpanggil hatinya membantu pemerintah mengatasi pandemi dengan jadi Relawan Covid-19 Nasional dan mengikuti Program KKN Tematik Kampus Merdeka. Puluhan ribu mahasiswa juga terjun pada Program Kampus Mengajar, membantu guru-guru SD dan SMP mengajar di tengah pandemi untuk mengejar kemajuan bidang numerasi dan literasi,” katanya.

Baca juga: Tips Khusus Menghadapi Ujian Seleksi Guru PPPK

“Ini bukti semangat juang tinggi mahasiswa memberi manfaat bagi orang lain. Ini makna prestasi sesungguhnya. Saya harap kalian dapat menjadi contoh bagi para mahasiswa lain untuk menularkan semangat prestasi dan kontribusi,” harap Mendikbudristek.

Senada dengan itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kemendikbudristek Wikan Sakarinto mengaku bangga atas semangat berprestasi mahasiswa di tengah pandemi. “Ini membuktikan kalian generasi Indonesia yang tangguh dan pantang menyerah. Teruslah berkarya dan berkontribusi,” ucap Dirjen Wikan.
(mpw)
TULIS KOMENTAR ANDA!