Ornamen Header
Nilai Rapor Anak Merah? Jangan Marah, Ini Cara Bijak Menyikapinya
Nilai Rapor Anak Merah? Jangan Marah, Ini Cara Bijak Menyikapinya
Salah satu indikator keberhasilan belajar anak kerap dilihat dari nilai rapor yang baik. Foto/Ist
JAKARTA - Siapa yang tidak bangga memiliki anak yang berprestasi ? Sebagai orang tua, Anda tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hati. Termasuk pada prestasi belajar mereka. Tak bisa dipungkiri, salah satu indikator keberhasilan belajar kerap dilihat dari nilai rapor yang baik. Itulah mengapa Anda selalu meminta anak agar mampu meningkatkan nilai rapor mereka.

Namun, bagaimana jika hasil yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi Anda? Apa yang Anda lakukan saat melihat nilai rapor anak banyak angka merahnya? Kebanyakan orang tua pasti akan langsung merasa cemas bahkan khawatir saat melihat nilai rapor yang kurang baik.

Baca juga: Tantangan Pendidikan Era Generasi 'Z' dan Milenial

Marah atau kecewa merupakan hal yang wajar Anda rasakan. Ingat, menjadikan anak sasaran kemarahan bukanlah tindakan yang bijaksana. Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nilai rapor anak, tanpa emosi yang berlebihan, seperti yang diulas di bawah ini:



Cara Menyikapi Nilai Rapor Anak yang Kurang Baik
Jika Anda ingin membantu anak meningkatkan nilai rapor, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan cara mendisiplinkan anak tanpa emosi. Karena, dengan sikap disiplin, mereka akan lebih mudah mengembangkan diri untuk memperbaiki kesalahan yang mereka perbuat. Ingat, emosi yang Anda lampiaskan kepada anak, cenderung menghancurkan semangat belajar mereka.

Ada beberapa cara bijaksana yang bisa Anda terapkan, ketika melihat nilai rapor anak yang kurang memuaskan, antara lain:

Bersikap Tenang
Beberapa dari Anda mungkin akan kesulitan melakukan hal ini. Mencoba bersikap tenang saat melihat nilai anak yang kurang baik, tidak semudah yang dipikirkan. Seperti yang dijelaskan di atas, merasa marah atau kecewa adalah hal yang wajar, maka dari itu Anda harus tetap tenang saat menunjukkan rasa kecewa, tanpa membuat anak merasa tertekan.

Baca juga: Langkah Awal Belajar UTBK yang Efektif, Cepat dan Mudah

Ingat, jangan pernah membanding-bandingkan nilai rapor anak dengan saudara, atau teman mereka. Mungkin saja, anak Anda memiliki kelebihan lain dibandingkan saudara atau teman mereka di sekolah. Membanding-bandingkan nilai rapor hanya akan membuat mereka kecewa.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!