Ini 8 Cara Mudah Menghafal Tabel Periodik Kimia

Kamis, 16 September 2021 - 07:07 WIB
loading...
Ini 8 Cara Mudah Menghafal Tabel Periodik Kimia
Tabel periodik Kimia adalah bentuk tabel yang berisi unsur-unsur kimia yang tersusun berdasarkan nomor-nomor atomnya. Foto: Dok/Gramedia.com
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian siswa, pelajaran kimia mungkin tidak menjadi mata pelajaran yang menyenangkan. Apalagi jika mereka kesulitan dengan membaca tabel periodik kimia dan cara menghafalkannya. Padahal dengan menguasai tabel periodik kimia maka siswa akan bisa lebih mudah memahami istilah atau rumus kimia dan menyelesaikan soal dengan cepat.

Melansir laman gramedia.com, Kamis (16/9/2021), tabel periodik sendiri adalah bentuk tabel yang berisi unsur-unsur kimia yang tersusun berdasarkan nomor-nomor atomnya. Nomor atom yang tersusun tersebut berisi sejumlah proton. Dalam hal ini konfigurasi elektron dan kesamaan sifat yang dimiliki unsur kimia tersebut.



Tabel periodik kimia kemudian dibagi menjadi 4 blok, yakni blok s, p, d, dan f. Jadi, dalam satu periode atau baris, di bagian kiri menunjukan sifat logam, sedangkan di bagian kanan menunjukan sifat non logam.

Setelah mengetahui pengertian tabel periodik, berikut ini ada beberapa cara menghafalkan tabel periodik kimia yang mudah.

1. Cetak Beberapa Lembar Tabel Periodik
Cetaklah beberapa lembar tabel periodik yang kemudian bisa dibawa kemanapun kalian pergi. Kalau bisa jangan cetak hanya satu, supaya nanti bisa dicorat-coret atan mewarnai tabel periodik kimia agar lebih mudah menghafal.

Lembar sisanya bisa digunakan untuk mengulas kembali apa saja yang sudah dipelajari pada lembar tabel periodik yang pertama.

Cara ini perlu dilakukan secara berulang yang lebih mudah dan cepat dalam menghafalnya. Jika kamu merasa visual dan kinestetis maka bisa membuat tabel periodiknya sendiri.

Cara ini juga akan semakin membuat kamu lebih mudah paham dengan alur tabel dan merasa familiar dengan unsur-unsur yang ada di dalamnya.



2. Buatlah Pengelompokan Unsur-Unsur Secara Lebih Spesifik
Tabel periodik kimia biasanya sudah dikelompokkan berdasarkan warna untuk setiap kategorinya. Nah, jika menurut kamu cara ini membantu maka bisa dibuat pengelompokan baru berdasarkan baris, kolom, berat atom, atau kategori apa saja yang dinilai paling mudah menghafalkannya. Jadi cara ini bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan minat kamu mau menghafalkan mulai dari kategori yang mana.

3. Gunakan Waktu Senggang untuk Mengingat-ingat
Setelah sudah melakukan upaya-upaya di atas, maka waktunya untuk membiasakan diri dengan tabel periodik kimia. Hal di atas akan percuma jika tidak dilakukan secara konsisten bahkan bisa tidak berguna sama sekali. Jadi luangkan waktu barang sebentar untuk kembali menengok lembaran tabel periodik atau mengingat-ingat konsep hafalan yang sudah dibuat.

Itulah sebabnya Anda perlu pengingat atau membawa perangkat tabel periodik ini ke mana saja, sehingga jika ada waktu luang bisa mengingat-ingatnya. Kamu bisa mencoba mengingat dari bentuknya, polanya, unsurnya, dan mulai berkonsentrasilah pada unsur-unsur mana saja yang sulit diingat.

4. Kaitkan Unsur Lain Dengan Hal Lain yang Bersifat Umum
Kamu bisa menghafal tabel periodik kimia dengan menggunakan rangkaian kata lucu, contohnya Hari Libur Nanti Kita Rombongan Cus ke Francis untuk membentuk rumus kimia HLN RCF.

Kamu bisa menggunakan cara ini atau hal-hal lain yang lebih mengena dan mudah diingat. Contoh lainnya menggunakan kata Argentina untuk menghafal unsur perak, yakni Ag.

5. Menghafal dengan Lirik Lagu
Siswa bisa mengikuti cara Daniel Radcliffe yang menggunakan lagu untuk menghafalkan unsur-unsur kimia.

Cara ini bisa jadi menyenangkan karena bisa menggunakan lagu yang kita sukai sehingga lebih mudah di hafal. Bahkan sudah banyak referensi lirik lagu yang digunakan untuk menghafal tabel periodik di internet, Grameds bisa mengaksesnya. Ada pula versi karaokenya jika Grameds lebih suka gaya ini.

6. Ketahui Nama Latinnya
Lambang ada tabel periodik hampir semuanya adalah istilah bahasa Inggris, kecuali 10 lambang yang berasal dari singkatan nama latinnya dan 1 unsur (wolfram) dari bahasa jerman.

Jadi, mengetahui nama latinnya dari unsur tertentu dapat membantu untuk menguraikan nama latin dari beberapa unsur kimia anorganik. Perlu diketahui bahwa mayorita akar bahasa romantik (Perancis, Italia, Spanyol, dll) berasal dari bahasa latin.

7. Perhatikan Perbedaan Antar Unsur
Kamu juga bisa memperhatikan unsur-unsur pembeda agar lebih mudah menghafalkannya, yakni melihat lambang unsur yang terdiri dari satu huruf, dua, dan tiga huruf.

Lambang unsur yang paling banyak ada menggunakan dua huruf, bisa dimulai menghafalkannya dari unsur pembeda ini menggunakan dua huruf. Sisanya bisa menyesuaikan karena beberapa unsur yang menggunakan lambang 3 huruf sangat sedikit dan kemungkinan lambang lambang ini akan berubah lagi.

8. Gunakan Kartu-Kartu Gambar
Menggunakan kartu kartu gambar mungkin sedikit ribet dan perlu effort lebih, namun cara ini dapat efektif digunakan untuk menghafalkan tabel periodik kimia dengan mudah dan menyenangkan. Kamu bahkan bisa merasa sedang menghafalkan atau belajar kimia dengan serius melainkan seperti sedang bermain games saja.

Itulah 8 cara mudah untuk menghafalkan tabel periodik kimia yang dibagikan Gramedia. Selamat mencoba.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3022 seconds (0.1#10.140)