Mahasiswa UI Kembangkan Aplikasi Medsos untuk Pengenalan Mahasiswa Baru

Rabu, 29 September 2021 - 18:38 WIB
loading...
Mahasiswa UI Kembangkan Aplikasi Medsos untuk Pengenalan Mahasiswa Baru
Mahasiswa Fasilkom UI mengembangkan aplikasi PANSOS sebagai wadah bagi mahasiswa baru dan kakak tingkat dalam rangka kegiatan PMB 2021. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia ( Fasilkom UI ) mengembangkan aplikasi bernama Panda Social Support (PANSOS) sebagai wadah perkenalan bagi mahasiswa baru dan kakak tingkat dalam rangka kegiatan Pembinaan Mahasiswa Baru (PMB) Fasilkom UI 2021.

Aplikasi berbasis web ini dikembangkan oleh mahasiswa yang terhimpun dalam organisasi Independen mahasiswa Fasilkom UI yakni, Ristek.



PANSOS dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan artifisial dan model machine learning, sehingga para pengguna dapat terhubung satu sama lain melalui matchmaking system berdasarkan minat yang ada di Fasilkom UI.

Nantinya mahasiswa baru (maba) dapat mengisi pertanyaan-pertanyaan yang muncul untuk membantu perkenalan antarmaba serta mengisi deskripsi dari kakak tingkat yang ingin mereka ajak berkenalan.

“Aplikasi ini mampu mencocokkan pengguna yang memiliki minat yang sama dan menjadi sentra informasi serta media penugasan Mahasiswa Baru selama kegiatan PMB Fasilkom UI 2021,” ujar Ketua Ristek Fasilkom U Jonathan Filbert melalui siaran pers, Rabu (29/9/2021).



Ketua PMB Fasilkom UI 2021 Muhammad Naufal Nabiel mengatakan dengan dikembangkannya aplikasi ini menjadi sebuah solusi bagi maba Fasilkom UI untuk dapat memperluas jaringan pertemanan mereka meskipun saat ini masih dalam masa perkuliahan jarak jauh.

“Pada kondisi ini, para maba tersebut belum memiliki kesempatan untuk berkenalan dan bertemu secara langsung dengan teman maupun kakak tingkat di Fasilkom UI. Hadirnya aplikasi PANSOS ini menjadi wadah perkenalan antara maba dan juga kakak tingkat. Ia juga dapat dipergunakan oleh pengguna yang memiliki Single Sign On (SSO) aktif serta masih terdaftar sebagai mahasiswa Fasilkom UI,” katanya.

Lebih lanjut Jonathan Filbert menjelaskan langkah-langkah mengunakan aplikasi PANSOS. Pertama, setiap pengguna login dengan akun SSO, lalu mengisi data diri dan interest yang selanjutnya akan dicocokan oleh algoritma dari tim data science RISTEK.

Hasilnya, para maba Fasilkom UI tersebut akan terbagi menjadi dua kelompok yaitu mahasiswa yang memiliki kesamaan IT dan Non-IT interest. Kedua, pengguna menuju halaman friends/pansos dan akan melihat daftar mahasiswa dengan interest yang sama dan bisa langsung memberi like pada profil pengguna lainnya dan dapat saling mengisi pertanyaan random di halaman puzzle yang menjadi syarat mengenal satu sama lain.

“Jika pengguna yang di-like sudah memberi like balik, maka di dalam profilnya akan muncul formulir pertanyaan yang bisa diisi. Tidak hanya itu, maba bisa berkenalan dengan kakak tingkatnya dengan memberi like dan mengisi deskripsi melalui sesi ngobrol. Kakak tingkat juga dapat memberikan "token" untuk langsung menambahkan diri mereka pada list teman maba. Token ini di-generate secara random dan akan kadaluarsa dalam kurun waktu tertentu,” kata mahasiswa S1 program studi sistem informasi angkatan 2018.

Selain fitur pansos, maba dapat melihat kegiatan yang sedang berjalan di PMB Fasilkom UI melalui menu utama dan menu khusus events. Kemudian, melihat leaderboard dari kelompok besar mereka di menu utama dan mengunggah tugas yang diberikan oleh panitia PMB Fasilkom UI di halaman tugas terkait.

Mahasiswa dapat melihat informasi mengenai fasilkom dan UI di halaman "about Fasilkom/UI" yang isinya terdapat denah, lirik mars, dan lain-lain. “Harapan ke depannya, semoga mahasiswa bisa terus berkolaborasi dan berinovasi untuk menciptakan produk yang bermanfaat dan menjadi solusi bagi permasalahan yang ditemui di kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga bisa terus mengasah kreativitas dan kemampuan mahasiswa dalam mengenali permasalahan yang terjadi di sekitarnya,” ujar Dosen Fasilkom UI Dipta Tanaya.

PANSOS diluncurkan pada 7 Agustus 2021, bertepatan dengan dirilisnya tugas mengenal Angkatan pada kegiatan PMB Fasilkom UI 2021. Aplikasi ini disosialisasikan melalui aplikasi Line dan acara internal karena digunakan oleh Mahasiswa Fasilkom UI. Namun kedepannya, akan dipublikasikan melalui Instagram @pmbfasilkomui.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4233 seconds (0.1#10.140)