Tips bagi Orang Tua untuk Kembangkan Kreativitas Anak

Senin, 04 Oktober 2021 - 05:12 WIB
loading...
Tips bagi Orang Tua untuk Kembangkan Kreativitas Anak
Webinar Soft Skill Apa Yang Dibutuhkan di Era Digital yang diadakan Faber-Castell yang dipantau secara daring pada Sabtu, (2/10). Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Kreativitas harus diasah dan dikembangkan pada anak sejak dini. Sebab hidup di era digital ini tidak hanya menjadi pandai yang dibutuhkan untuk sukses namun juga menjadi kreatif.

Psikolog dari Yayasan Heart of People.id Yohana Theresia mengatakan, kreativitas itu merupakan kemampuan untuk memproduksi dan mengembangkan suatu karya asli, ide, teknik ataupun pemikiran.



Menurutnya, orang yang disebut kreatif ialah orang yang mampu memaknai masalah dengan cara unik, berani ambil resiko, menyajikan ide berbeda dan tahan banting dalam menghadapi masalah.

"Kreatifitas itu sesuatu hal yang dapat dipelajari dan ditanamkan pada anak melalui kegiatan sehari-hari. Maka anak harus diberi kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya," katanya pada webinar Soft Skill Apa Yang Dibutuhkan di Era Digital yang diadakan Faber-Castell yang dipantau secara daring pada Sabtu, (2/10/2021).

Yohana pun memberikan tips dan trik bagi orang tua untuk membantu anak mengembangkan kreativitas dalam dirinya. Cara membangun kreativitas anak, ujarnya, dimulai dari menghargai proses belajar.



Menurutnya, membangun kreativitas membutuhkan proses sehingga orang tua jangan hanya fokus pada hasil akhir. "Anak akan belajar berpikir kreatif jika dia punya waktu yang cukup untuk menyelesaikan masalah," katanya.

Makanya, ketika anak dihadapkan pada suatu masalah orang tua jangan langsung menawarkan solusi. Namun beri kesempatan pada anak untuk memecahkan masalahnya terlebih dulu.

Tips kedua adalah bangun situasi yang akan membuat anak menjadi terstimulasi dengan mempersiapkan ruang khusus bagi anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen. Misalnya berikan dia meja khusus menggambar untuk membangun kreativitasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2706 seconds (0.1#10.140)