Mahasiswa Perlu Tahu, Ini Tips untuk Jadi Pengusaha di Usia Muda

Selasa, 05 Oktober 2021 - 01:57 WIB
loading...
Mahasiswa Perlu Tahu, Ini Tips untuk Jadi Pengusaha di Usia Muda
Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Arab Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Workshop Kewirausahaan beberapa waktu lalu. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tidak hanya menjadi pegawai profesional namun menjadi pengusaha muda bisa menjadi pilihan karir di masa depan. Dengan kecanggihan teknologi saat ini semakin memudahkan langkah menjadi pengusaha di usia muda.

Menjadi pengusaha bisa dimulai dari usia berapapun. Begitulah alasan Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Arab Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Workshop Kewirausahaan beberapa waktu lalu.



Sebagian peserta workshop merupakan mahasiswa baru sebab kegiatan tersebut merupakan serangkaian kegiatan Sambut Mahasiswa Baru (Samaru). Menghadirkan wirausahawan muda yakni Didik Arwinsyah, SEO sebagai pembicara.

Workshop kewirausahaan diharapkan dapat mendorong keinginan mahasiswa untuk menjadi wirausahawan. Workshop kewirausahaan bisa menjadi jendela bagi mahasiswa baru untuk melihat dunia bisnis sehingga mereka dapat mempersiapkan diri lebih dini.

Kemudahan berwirausaha juga disampaikan oleh Didik Arwinsyah. Sebagai penerima Wirausaha Muda Mandiri Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah tahun 2014, Didik menuturkan, era digital memudahkan siapapun untuk memulai bisnisnya secara online.



Bermodal laptop, ponsel, dan internet, seorang pengusaha online dapat menjangkau berbagai wilayah. Melihat kemudahan itu, Didik membagikan tiga tips menjadi entrepreneur online di usia muda.

Pertama, mahasiswa harus mempunyai produk. Produk tersebut bisa berbentuk fisik, jasa, dan digital. Produk fisik misalnya pakaian, makanan, kerajinan tangan, dan sebagainya.

Sementara produk jasa bisa disesuaikan dengan skill para mahasiswa yang memiliki nilai jual. Terakhir adalah produk digital, misalnya video tutorial yang dewasa ini semakin beragam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)