5 Tips Agar Terhindar dari Stres Saat Jalani Kuliah Online

Minggu, 10 Oktober 2021 - 08:29 WIB
loading...
5 Tips Agar Terhindar dari Stres Saat Jalani Kuliah Online
Seorang mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta tengah mengikuti perkuliahan jarak jauh. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 menyebabkan kuliah online bukan lagi menjadi suatu pilihan melainkan kewajiban yang harus diikuti mahasiswa. Berikut ini ada 5 tips agar mahasiswa tidak stres dalam melaksanakan perkuliahan daring yang padat.

Perkembangan zaman memang memungkinkan perkuliahan tidak lagi melalui kuliah tatap muka melainkan juga dapat dilakukan secara luring. Namun adanya interaksi antara kuliah tatap muka dan belajar online memerlukan proses adaptasi yang berbeda.



Minimnya interaksi dan diskusi dengan dosen dan teman satu kelas bisa menjadi salah satu faktor pemicu terbesar stres menjalani kuliah online khususnya di masa pandemi.

Dikutip dari instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Kamis (7/10/2021), simak 5 tips agar tidak terkena stres saat menjalani kuliah online.

1. Jangan Jadi Deadliner
Sistem pembelajaran online pasti memberi banyak tugas kepada mahasiswa. Ketika diberi tugas tak jarang banyak mahasiswa yang menjadi deadliner.

Bagi mahasiswa yang masih menjadi deadliner, sebaiknya hal itu dihilangkan secara perlahan. Sebab dengan menjadi deadliner tugas akan semakin menumpuk dan menambah pusing untuk mengerjakannya.

2. Buat Skala Prioritas
Membuat skala prioritas tentu harus dilakukan agar kita bisa menyusun kegiatan atau tugas. Dengan menyusun skala prioritas tugas dan kegiatanmu akan terlihat lebih rapi.

3. Jangan Lupa Refreshing dan Lakukan Hobimu
Istirahat sebentar pasca belajar itu adalah hal yang normal. Waktu luang ini bisa diisi dengan melakukan hobi yang disukai. Hal ini dijamin bisa menjauhkan diri dari stres.
Semua tergantung kepada hobi yang dimiliki. Dengan menjalankan hobi, pikiran dapat direfresh sehingga stres tidak akan datang.

4. Lakukan Interaksi dengan Orang Terdekat
Dengan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang terdekat yang disayangi tentu akan membantu meminimalisir kemungkinan stres.

5. Berikan Self Reward untuk Diri Sendiri
Lelah pasti akan datang setelah melakukan pekerjaan atau tugas yang berat. Maka setelah usai melakukan rangkaian kegiatan, jangan lupa untuk memberi self reward untuk diri sendiri.

Self reward bentuknya bisa beraneka ragam. Seperti, menonton film atau seri terbaru di siaran streaming langganan favorit atau bisa juga dengan membeli makanan yang disukai.

Itulah 5 tips yang mungkin bisa mengatasi dan mencegah stres saat menjalani kuliah online. Selamat mencoba.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)