Syarat Lolos SNMPTN Bisa Dimulai dari Proses Pendaftarannya, Ini Tahapannya

Selasa, 19 Oktober 2021 - 09:37 WIB
loading...
Syarat Lolos SNMPTN Bisa Dimulai dari Proses Pendaftarannya, Ini Tahapannya
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Indonesia (UI) 2021 Gelombang 2. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Syarat lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) bisa dimulai dengan kesuksesan calon mahasiswa melakukan pendaftaran. Lalu seperti apa proses pendaftarannya simak serba serbinya di bawah ini.

Berbeda dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang menyeleksi calon mahasiswa melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ), maka SNMPTN tidak ada tes yang menguji Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) calon mahasiswa.



Sebab SNMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru pada program sarjana yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

Belum diketahui apakah untuk penerimaan SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri ada perubahan kuota daya tampung namun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada penerimaan mahasiswa baru PTN 2021 telah membagi daya tampung untuk ketiga jalur masuk.

Dengan persentase tertinggi berada di jalur SBMPTN. Begini perbandingannya:

- Kuota daya tampung setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20% dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

- Kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40% dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

- Kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30% dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)