Ini Dia Penulisan Bahasa Indonesia yang Sering Salah dan Cara Memperbaikinya

Rabu, 27 Oktober 2021 - 17:07 WIB
loading...
Ini Dia Penulisan Bahasa Indonesia yang Sering Salah dan Cara Memperbaikinya
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Foto/Dok/Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Tahukah kamu, walau kita sudah terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia , tanpa disadari masih banyak penulisan Bahasa Indonesia yang sering salah, lho. Bahkan, saking seringnya kita salah kaprah KBBI, kesalahan penulisan tersebut menjadi hal biasa dan dianggap wajar. Jika dibiarkan penulisan yang tidak sesuai kaidah Bahasa Indonesia bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Misalnya, ketika kamu mengerjakan soal ujian atau mulai masuk dunia kerja nanti. Saat berhadapan dengan dunia profesional, kamu harus terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia yang tepat untuk menghindari salah kaprah KBBI . Nah, artikel ini akan mengulas beberapa contoh penulisan Bahasa Indonesia tidak sesuai dan sudah menjadi kebiasaan. Jadi, baca artikel ini sampai selesai ya!



Salah Kaprah KBBI yang Menjadi Kebiasaan
Sebenarnya, ada banyak sekali kesalahan penggunaan Bahasa Indonesia yang sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. Namun, agar kamu tidak bingung, berikut adalah 7 kesalahan penulisan kosakata yang paling sering dilakukan, antara lain:

Terimakasih
Apakah penulisan di atas sudah benar? Walau termasuk tiga kata ajaib di antara “Tolong” dan Maaf”, kesalahan penulisan kata ini sudah menjadi kebiasaan dan dianggap wajar. Berdasarkan KBBI, penulisan yang benar adalah Terima Kasih. Jadi, mulai sekarang biasakan menulis sesuai kaidah yang benar, ya.

Mahluk
Kosakata yang satu ini sering kamu temukan saat mempelajari ilmu Biologi. Menurut kaidah kebahasaan KBBI, penulisan yang benar untuk kata ini adalah “Makhluk”. Contoh kalimat yang sering menggunakan kosa kata ini misalnya, “manusia, tumbuhan dan hewan adalah makhluk hidup”.



Analisa
Beberapa di antara kamu mungkin menganggap kosakata di atas adalah benar. Namun, menurut KBBI, kosakata yang satu ini termasuk dalam bahasa serapan dari Bahasa Inggris, yaitu “Analysis”. Jadi, dalam format bahasa Indonesia, kosakata ini ditulis “Analisis”.

Sekedar
Nah, ini dia kosakata yang paling sering diulas dalam pembahasan salah kaprah KBBI. Kamu mungkin kerap mendengar atau membaca tulisan yang menggunakan kosakata “sekedar” kan? Misalnya “sekedar bertanya”. Namun, ternyata penulisan tersebut adalah salah. Kosakata yang benar adalah “sekadar”, karena kata dasar dari kosakata ini adalah “kadar” bukan “kedar”.

Idul Fitri
Kosakata ini paling sering diucapkan atau ditulis pada saat hari raya. Menurut kamu, apakah penulisan “Idul Fitri” sudah benar? Jika kamu masih sering menggunakan kosakata ini, mulai sekarang biasakan untuk menggantinya menjadi “Idulfitri”, ya. Menurut KBBI, arti dari Idulfitri adalah hari raya umat Islam yang jatuh setiap tanggal 1 Syawal setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)