Penggagas Kampus Inklusi Apresiasi Program Literasi Digital Madrasah

Rabu, 27 Oktober 2021 - 19:24 WIB
loading...
Penggagas Kampus Inklusi Apresiasi Program Literasi Digital Madrasah
Penggagas Kampus Inklusi, Slamet Thohari, mengapresiasi kegiatan TOT Pengembangan Literasi Digital bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Penggagas Kampus Inklusi, Slamet Thohari, mengapresiasi kegiatan Training of Trainer (TOT) Pengembangan Literasi Digital bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah yang diselenggarakan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Dalam sesi materi literasi digital inklusif, Slamet mengatakan platform digital madrasah seperti website perlu menampilkan fitur accessibility statement. Dia menilai, fitur tambahan tersebut dapat dimanfaatkan oleh penyandang tunanetra.



“Setiap konten diharapkan dapat dinikmati oleh semua kalangan termasuk penyandang disabilitas. Konten bisa dilengkapi dengan teks dan gambar, sementara video pembelajaran bisa dilengkapi dengan subtitle agar tidak menyulitkan penyandang tunarungu,” terang Slamet.

Slamet melanjutkan, desain madrasah juga semestinya ramah terhadap penyandang disabilitas, hal ini bisa dimulai dari pemberdayaan dan penguatan guru agar menaruh perhatian khusus terhadap siswa difabel. Pembelajaran di madrasah juga harus menerapkan universal design learning; pendidikan berdasarkan kepentingan dan kebutuhan siswa.

“Para guru hendaknya akomodatif dalam pembelajaran terhadap peserta didik dengan memperhatikan hak penyandang disabilitas,” tambahnya.



Dosen yang juga aktif di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya ini juga menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan TOT ini karena menaruh perhatian dan keberpihakan yang sama terhadap penyandang disabilitas.

“Alhamdulillah ini program yang luar biasa. Semoga Kemenag tetap memberikan akses seluas-luasnya kepada penyandang disabilitas melalui workshop atau aktifitas pemberdayaan lainnya, tutup Slamet.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)