Tips Ciptakan Pola Belajar Interaktif untuk Generasi Z

Selasa, 02 November 2021 - 18:37 WIB
loading...
A A A
1. Think digital - menampilkan aktivitas pembelajaran dan tugas dengan format digital yang lebih praktis dan mudah

2. Visual - menyajikan informasi materi pembelajaran dalam bentuk video, infografis, atau ilustrasi, untuk membuat siswa tertarik

3. Ringkas - mengolah informasi menjadi bagian-bagian singkat dan mudah dicerna dalam durasi yang singkat

4. Beragam - menggunakan bahan ajar yang beragam dengan format kegiatan yang bervariasi

5. Komunikatif - berikan instruksi yang jelas dan komunikasi dua arah antara guru dan murid

Dalam kesempatan yang sama, Chief of Teachers’ Initiatives Zenius Amanda Witdarmono Pandjaitan menyampaikan, sebagai generasi yang melek digital, generasi Z terbiasa untuk mencari, menerima, dan merangkum informasi dari berbagai sumber.

Mereka pun bersikap terbuka pada setiap kesempatan untuk berkolaborasi, berbicara, bertindak untuk mengkritisi informasi yang diterima. Hal ini perlu disikapi oleh para guru dan tenaga pengajar agar lebih siap dan menghadirkan pola-pola mengajar yang mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Selain berperan sebagai learning management system (LMS), ZenRu juga menyediakan bahan ajar seperti ribuan video yang bisa diakses untuk kegiatan pra-kelas, tatap muka, bahkan sebagai bahan penilaian.

Terdapat juga soal-soal dari berbagai subjek, termasuk soal-soal dengan metode gamifikasi yang juga tersedia di aplikasi Zenius. Seluruh materi ini dapat digunakan oleh para guru secara mudah dan tanpa biaya.

Seluruh materi tersebut terangkum dalam rangkaian lokakarya yang digelar untuk para guru dari seluruh jenjang di Provinsi Sumatera Selatan. Tercatat lebih dari 2.000 guru yang bergabung sebagai partisipan dalam lokakarya yang digelar selama 3 hari tersebut. Adapun lokakarya dilaksanakan dengan metode sinkronus dan asinkronus, dengan total 32 jam pelajaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4936 seconds (0.1#10.140)