Mahasiswa, Ini 7 Jurusan Sepi Peminat dengan Prospek Kerja Tinggi

Minggu, 02 Januari 2022 - 02:48 WIB
loading...
A A A
Setelah lulus dari jurusan ini, bisa bekerja di lembaga yang menjanjikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronot dengan gaji yang fantastis.

Di Indonesia, Institut Teknologi Bandung merupakan satu-satunya universitas dengan jurusan astronomi di Asia Tenggara.

2. Jurusan Kehutanan
Salah satu lulusan jurusan ini adalah Presiden Joko Widodo yang kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM). Walaupun sepi peminat, jurusan ini punya peluang kerja yang besar.

Indonesia adalah negara tropis dengan hutan membentang luas. Sehingga tidak sedikit instansi konservasi hutan yang membutuhkan tenaga dan pengetahuan dari lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan.

Tidak hanya belajar tentang hutan saja, namun dosen nantinya akan memberikan ilmu mengenai cara pengelolaan hutan serta segala hal yang ada di hutan. Seperti pengelolaan ekosistem hutan, pemanfaatan dan perlindungan hasil hutan, hingga produktivitas hutan.

Dengan pengetahuan ini, lulusannya dapat bekerja di berbagai bidang yang menjanjikan. Mulai dari konsultan, peneliti, wirausahawan, atau pegawai di lembaga kehutanan nasional hingga internasional.

3. Jurusan Ilmu Perpustakaan
Banyak yang mengacuhkan jurusan Ilmu Perpustakaan karena beranggapan bahwa mereka hanya akan mempelajari tentang buku.

Anggapan itu bisa dibilang tidak benar sebab jurusan ini akan mengajarkan banyak hal. Mulai dari bidang arsip, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi di sebuah perpustakaan.

Selain ilmu sosial, mahasiswa juga akan belajar hukum dan teknik yang berkaitan dengan cara mengelola atau menyebarkan informasi.

Prospek kerja setelah lulus dari jurusan ini juga sangat luas karena hampir seluruh instansi membutuhkan ahli di bidang kepustakaan dan kearsipan. Di antaranya bisa berkarier sebagai pustakawan, programmer, sekretaris, administrasi arsip, hingga document controller.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3334 seconds (0.1#10.140)