Mahasiswa, Ini Syarat Ikut Program Bangkit untuk Tingkatkan Talenta Digital

Jum'at, 12 November 2021 - 11:21 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini Syarat Ikut Program Bangkit untuk Tingkatkan Talenta Digital
Program Bangkit dibuka untuk mahasiswa sehingga bisa menjadi talenta digital yang unggul di bidang machine learning, mobile programming dan cloud computing. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Program Bangkit dibuka untuk mahasiswa sehingga bisa menjadi talenta digital yang unggul di bidang machine learning, mobile programming dan cloud computing. Simak persyaratannya di bawah ini agar bisa lolos dan mengikuti program pendidikannya.

Bangkit merupakan program pendidikan untuk mempersiapkan high caliber technical talent untuk perusahaan teknologi di Indonesia dan startups yang dibangun oleh Google. Bangkit terasosiasi dengan program Kampus Merdeka yang saat ini hanya dibuka bagi beberapa kampus mitra Bangkit.



Program Bangkit ini akan berjalan selama 6 bulan yang menawarkan 3 program yaitu Machine Learning, Mobile Programming, dan Cloud Computing dan sudah disertai dengan sertifikasi global.

“Saat ini perusahaan besar lebih mementingkan kompetensi dan kemampuan individu sehingga kemampuan mahasiswa harus juga mencakup kemampuan di luar akademik,” ujar Wakil Rektor Bidang PPK UGM,Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno dalam Sosialisasi Program Bangkit UGM melansir laman resmi UGM di ugm.ac.id, Jumat (12/11/2021).

Tahun lalu sebanyak 157 mahasiswa UGM diterima untuk mengikuti Program Bangkit dan memiliki tingkat kelulusan sebesar 89%, terdapat 26 lulusan terbaik, dan 2 proyek inkubasi lolos didanai.



Manfaat yang akan didapatkan dari Program Bangkit adalah mempelajari kurikulum berbasis standar industri bersama dengan praktisi dan mendapatkan persiapan karier serta skill, konversi sks maksimal 20 sks, peluang meraih karier sukses di perusahaan teknologi, sertifikasi global, dan adanya pendanaan inkubasi untuk proyek akhir dengan total pendanaan hingga Rp140 juta rupiah.

Persyaratan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti program ini adalah:
1. WNI
2. Mahasiswa D4/S1 berstatus aktif
3. Berasal dari Universitas yang terdaftar di PDDikti
4. Saat ini sedang menempuh atau menyelesaikan semester 5
5. Berasal dari jurusan apapun kecuali Kluster Medika
6. Belum dinyatakan lulus dari universitas per Juli 2022 mendatang

Pendaftaran Program Bangkit bagi Kampus Mitra sudah dibuka mulai 1 November hingga 15 November. Mahasiswa akan mengikuti 2 tahapan seleksi yaitu programming dasar dan pemilihan program pembelajaran serta tahapan personality assessment.

Berdasarkan data statistik, UGM mendapatkan graduate rate, average final score di atas rata rata keseluruhan.

Dosen FT UGM Prof. Ir. Sigit Priyanto menjelaskan, ketika mahasiswa mengikuti Program Bangkit supaya berkoordinasi dan komunikasi dengan prodi untuk melakukan transfer SKS dan kesepakatan pembelajaran yang akan diambil di kampus.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4035 seconds (0.1#10.140)