Jurusan Teknik Kimia dan Prospek Kerjanya yang Menggiurkan

Jum'at, 12 November 2021 - 16:11 WIB
loading...
Jurusan Teknik Kimia dan Prospek Kerjanya yang Menggiurkan
Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian orang mungkin jurusan Teknik Kimia jarang disebut ketika membicarakan jurusan favorit di kampus. Padahal ada peluang karier yang besar bagi lulusan Chemical Engineering ini.

Laman Topuniversities.com menjelaskan, Teknik Kimia adalah cabang multi-disiplin teknik yang menggabungkan ilmu alam dan eksperimental (seperti kimia dan fisika), bersama dengan ilmu kehidupan (seperti biologi, mikrobiologi dan biokimia).



Jurusan ini juga akan menuntut mahasiswanya untuk menguasai matematika dan ekonomi untuk merancang, mengembangkan, memproduksi, mengubah, mengangkut, mengoperasikan, dan mengelola proses industri yang mengubah bahan mentah menjadi produk yang berharga.

Bagi mahasiswa jurusan ini jangan khawatir susah mencari pekerjaan sebab banyak bidang profesional yang mengandalkan keterampilan, pengetahuan, dan keahlian dari lulusan Teknik Kimia. Mulai dari lingkungan dan energi hingga medis, gastronomi, dan teknologi.

Memang, Teknik Kimia sangat penting untuk hampir semua bidang aktivitas manusia. Maka sebagai lulusan dalam mata pelajaran ini, mereka dapat memilih untuk menerapkan pengetahuan yang didapat di bangku perkuliahan dalam berbagai sektor yang mengesankan.



Lalu, apa saja profesi dari lulusan Teknik Kimia yang bisa diincar oleh lulusannya nanti? Simak 8 prospek kerja jurusan Teknik Kimia di Indonesia yang dirangkum dari laman aplikasi pendaftaran kuliah Go Kampus di gokampus.com berikut ini.

1. Environmental Risk Assessor
Prospek kerja Teknik Kimia yang pertama adalah sebagai environmental risk assessor. Profesi ini penting banget untuk memeriksa risiko yang mungkin akan terjadi di sebuah lingkungan akibat adanya aktivitas industri.

Profesi ini membutuhkan banyak orang-orang yang paham dan ahli di bidangnya salah satunya adalah lulusan dari jurusan Teknik Kimia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)