5 Fakta Menarik Jurusan Komputer, Salah Satunya Prospek Kerja Menjanjikan

Sabtu, 13 November 2021 - 14:25 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Jurusan Komputer, Salah Satunya Prospek Kerja Menjanjikan
Mahasiswa jurusan komputer. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Jurusan ilmu komputer telah menjadi salah satu jurusan favorit di kalangan mahasiswa baru khususnya jurusan IPA. Seiring dengan perkembangan dunia digital jurusan komputer ini pun menjadi salah satu jurusan yang bisa memberikan potensi kerja menarik di masa depan.

Namun selain karena perkembangan teknologi yang semakin pesat, ada beberapa fakta menarik mengenai jurusan komputer ini selain ada peluang karir yang terbuka lebar di berbagai bidang.



Merangkum laman resmi Bina Nusantara University di binus.ac.id, Sabtu, (13/11/2021) popularitas jurusan komputer ini terjadi karena 5 fakta menarik. Berikut ini daftarnya:

1. Sering Disamakan dengan Teknik Informatika
Bagi yang tidak terlalu familiar, jurusan komputer kerap disamakan dengan jurusan teknik informatika. Padahal keduanya sangat berbeda meskipun mungkin alat belajar yang digunakan sama, yaitu laptop atau PC.

Jika teknik informatika mempelajari ilmu pengolahan data dan pengembangan perangkat lunak, maka Ilmu Komputer berkutat pada perangkat keras dari sebuah komputer dan segala hal tentang itu.



Inilah mengapa lulusannya pun memiliki perbedaan jobdesk ketika bekerja. Lulusan TI akan selalu berhubungan dengan internet dan segala hal yang berbau digital. Sedangkan Ilmu Komputer lebih fokus pada pengembangan hardware dan software baik yang berbentuk digital maupun tidak.

2. Belajar Tentang Virus
Virus yang dimaksud tentu saja virus komputer. Jika biasanya kita menghindari virus, di jurusan ini mahasiswa justru akan belajar banyak hal tentang dunia pervirusan pada komputer. Mulai dari bagaimana virus dibangun, dampak apa yang ditimbulkan, hingga cara mengatasi dan membuat antivirus yang tepat.

Hal ini karena, virus termasuk salah satu “penyakit komputer” yang mempengaruhi kinerja sebuah hardware atau software. Jadi ketika mengembangkan sebuah perangkat, kita juga harus mengerti bagaimana cara menyiapkan perangkat tersebut agar mampu menghadapi “musuh-musuhnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)