3 Negara Ini Jadi Destinasi Teratas Pilihan Pelajar Indonesia untuk Kuliah

Jum'at, 19 November 2021 - 19:25 WIB
loading...
3 Negara Ini Jadi Destinasi Teratas Pilihan Pelajar Indonesia untuk Kuliah
Universitas di Singapura merupakan pusat pendidikan tinggi yang berkualitas, baik bagi pelajar lokal maupun internasional, terutama dari kawasan Asia-Pasifik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Survei yang dilakukan Cambridge International menyebutkan ada 3 negara yang menjadi destinasi favorit para pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah.

Menurut Survei Destinasi tahunan dari Cambridge International, pandemi telah mengakibatkan gangguan yang besar dalam pendidikan di seluruh dunia dan secara langsung memengaruhi keputusan ke mana siswa akan melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi setelah lulus sekolah.



Penelitian terhadap 300 sekolah Cambridge di seluruh dunia ini menemukan, tantangan pandemi yang terjadi selama setahun ke belakang telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pilihan siswa.

Sebanyak 84% sekolah yang disurvei melaporkan banyak siswa mereka yang berubah pikiran terkait pilihan pertama universitas yang dituju, sebagian besar karena kondisi ketidakpastian, sulitnya bepergian atau masalah finansial yang disebabkan oleh pandemi.

Head of Global Recognitions untuk Cambridge International Kevin Ebenezer, mengatakan, pihaknya memahami bahwa pandemi telah memberikan tekanan yang cukup besar bagi pendidikan secara global. Kondisi ini tercermin dalam temuannya yang secara jelas menunjukkan bahwa pandemi memengaruhi pilihan universitas para siswa.



“Namun, terlepas dari tahun yang penuh tantangan ini, ada temuan positif yang menunjukkan bahwa sekitar 70% siswa Cambridge melanjutkan pendidikan mereka dengan bergabung di universitas dengan peringkat 500 teratas di dunia pada 2020, jumlah ini meningkat dibandingkan dengan 68% pada 2019,” katanya melalui siaran pers, Jumat (19/11/2021).

Lantas, bagaimana dengan pelajar Indonesia? Survei tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar pelajar masih cenderung memilih belajar di Indonesia, sementara yang lain lebih tertarik pada universitas di luar negeri.

Simak tiga negara destinasi teratas pilihan pelajar Indonesia untuk melanjutkan ke perguruan tinggi menurut survei Cambridge International:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)