Tips Persiapan Menjawab Soal Gaji Saat Sesi Wawancara Kerja

Jum'at, 19 November 2021 - 22:13 WIB
loading...
Tips Persiapan Menjawab Soal Gaji Saat Sesi Wawancara Kerja
Simak tips yang perlu disiapkan agar terhindar dari kesalahan menjawab soal gaji saat wawancara kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Para mahasiswa yang akan menjadi profesional muda di dunia kerja pasti akan melalui proses wawancara untuk diterima di suatu perusahaan. Salah satu pertanyaan krusial yang harus dijawab ialah ekspektasi gaji. Simak tips yang perlu disiapkan agar terhindar dari kesalahan menjawab soal gaji saat wawancara kerja.

Salah satu alasan utama ekspektasi gaji ini ditanyakan ketika sesi wawancara ialah agar perusahaan yang akan merekrut calon pegawai bisa memastikan gaji yang diinginkan itu sesuai dengan budget gaji yang mereka miliki.

Baca juga: 6 Kiat Sukses Wawancara Beasiswa

Pertanyaan mengenai gaji ini memang perlu jawaban yang hati-hati. Maka diperlukan persiapan untuk memberi jawaban yang bisa meyakinkan calon perusahaan namun juga dengan nominal yang bisa diterima oleh calon pegawai.

Berikut ini 5 tips yang bisa diambil calon pegawai untuk menjawab pertanyaan soal gaji dalam sebuah wawancara kerja yang telah dirangkum dari laman glassdoor.com.

1. Untuk menentukan gaji dengan nominal yang pantas maka luangkan waktu terlebih dulu untuk melakukan riset. Riset ini penting dilakukan bagi fresh graduate yang sama sekali tidak memiliki bayangan sama sekali dengan kisaran gaji. Teliti rata-rata gaji yang ditawarkan pasar dengan posisi yang anda tuju. Sesuaikan pula kisaran gaji itu dengan pengalaman dan tingkat pendidikan yang sama.



Baca juga: 5 Tips untuk Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

2. Hitung faktor biaya tambahan. Misalnya jika anda perlu pindah ke kota baru tempat perusahaan itu berada, pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran ini ke dalam gaji yang anda minta.

3. Sebutkan rentang gaji atau kisaran yang diharapkan dari yang terkecil hingga terbesar sehingga perusahaan bisa mendapat gambaran gaji yang sesuai dengan budget perusahaan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1469 seconds (10.55#12.26)