Hebat dan Inspiratif, Inilah 6 Rektor Perempuan dari PTN Paling Berpengaruh

Senin, 22 November 2021 - 11:13 WIB
loading...
Hebat dan Inspiratif, Inilah 6 Rektor Perempuan dari PTN Paling Berpengaruh
Rektor ITB Prof. Ir. N. R. Reini Djuhraeni Wirahadikusumah, MSCE, Ph.D. Foto/Dok/Humas ITB
A A A
JAKARTA - Enam rektor perempuan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) paling berpengaruh di Indonesia ini sangat hebat dan inspiratif untuk dijadikan panutan. Untuk menjadi rektor bukanlah suatu hal yang mudah, perlu melewati beberapa tahapan terlebih dahulu. Rektor merupakan ketua tertinggi yang memimpin Perguruan Tinggi .

Seorang rektor harus mempunyai pengalaman menjadi dosen terlebih dahulu, mempunyai pendidikan sampai ke jenjang S3, seorang PNS, dan masih banyak syarat lainnya sesuai dengan syarat dan ketentuan masing-masing universitas.

Baca juga: Hebat, Mahasiswa Kakak Beradik Ini Juarai Olimpiade Akuntansi Tingkat Nasional

Ketika membicarakan seorang pemimpin sebuah Instansi atau universitas, dipikiran banyak orang pasti akan mengarah ke pemimpin dengan jenis kelamin laki-laki. Seringkali perempuan dianggap sebelah mata ketika menjadi pemimpin. Kenyataannya, zaman sudah berubah, sudah banyak perempuan yang mempunyai power, dan dapat menjadi seorang pemimpin yang berkualitas, bertanggung jawab, serta adil.

Saat ini, sudah banyak rektor perempuan di berbagai universitas. Tidak perlu diragukan lagi kinerjanya, banyak rektor perempuan yang berhasil memimpin universitasnya menjadi lebih baik, dan unggul. Tidak hanya rektor laki-laki saja yang berpengaruh, tapi rektor perempuan juga dapat menunjukkan kehebatannya

Inilah 6 rektor perempuan dari universitas negeri paling berpengaruh di Indonesia:



1. Prof. Ir. N. R. Reini Djuhraeni Wirahadikusumah, MSCE, Ph.D. (Rektor ITB)
Dilansir dari itb.ac.id, Prof. Reini Wirahadikusumah merupakan guru besar Fakultas Teknik Sipil, dan Lingkungan, Kelompok Keahlian KK Manajemen dan Rekayasa Konstruksi.

Prof. Reini Djuhraeni diangkat menjadi rektor ITB untuk periode 2020-2025, dan menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Rektor ITB. Reini Djuhraeni menjadi salah satu perempuan berpengaruh lulusan dari Amerika.

Selain itu, di luar kampus ia sangat berpengaruh terhadap banyak proyek penelitian berskala internasional, Prof. Reini juga aktif dalam menerbitkan publikasi mengenai konstruksi. Ia juga telah mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya XX dari Pemerintah RI.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2921 seconds (11.252#12.26)