Mengenal Jurusan Cyber Security dan Prospek Kerjanya yang Menjanjikan

Selasa, 23 November 2021 - 00:23 WIB
loading...
A A A
1. Penetration Tester
Penetration Tester (Pentester) adalah orang yang bertugas untuk melakukan simulasi serangan terhadap jaringan organisasi atau perusahaan tertentu. Tujuannya adalah untuk menemukan kelemahan di sistem yang dimiliki sehingga dapat diperbaiki dan tidak dibobol oleh oknum lain. Seorang Pentester harus menguasai bidang cyber security dengan baik.

2. Secure Software Developer
Tugas seorang Secure Software Developer adalah mengembangkan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mengamankan data perusahaan. Selain itu, ia juga harus dapat mengintegrasikan keamanan dalam sebuah perangkat lunak sehingga tidak dapat diretas.

3. Information Security Analyst
Jika menguasai tentang cyber security, kamu pun cocok untuk menjadi Information Security Analyst. Ini adalah sebuah profesi yang dibutuhkan perusahaan untuk menjaga keamanan perangkat informasi. Information Security Analyst juga harus dapat melindungi data dan informasi digital milik perusahaan atau organisasi.

4. Pengajar di Bidang IT
Tidak hanya menjadi praktisi, kamu juga bisa menjadi seorang pengajar, baik di bidang pendidikan formal maupun nonformal. Kamu bisa berkarir sebagai dosen di perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini atau trainer di lembaga terkait. Dengan profesi ini, kamu dapat berbagi ilmu kepada orang lain dengan lebih luas.

5. Network Security Administrator
Network Security Administrator adalah orang yang bertanggung jawab terhadap sistem komunikasi di sebuah perusahaan atau kantor. Tugasnya adalah mengawasi dan memelihara keamanan dalam jaringan tersebut sehingga bebas dari serangan cyber.

Demikianlah ulasan mengenai jurusan cyber security yang memiliki peluang kerja yang semakin banyak di era digitalisasi seperti saat ini.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)