5 Tips Mencari Judul Skripsi yang Menarik

Jum'at, 26 November 2021 - 08:45 WIB
5 Tips Mencari Judul Skripsi yang Menarik
Mahasiswa mengerjakan tugas skripsi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menemukan judul skripsi yang menarik mungkin bukanlah tugas yang mudah. Sebab judul skripsi harus dibuat secara inovatif, menarik, relevan dan juga sesuai dengan bidang ilmu yang kita pelajari.

Mahasiswa pun akan dibuat semakin kelimpungan ketika batas waktu menyerahkan judul skripsi ke dosen pembimbing semakin dekat. Bukannya memberikan judul menarik malah terpaksa memberi judul asal-asalan sehingga akan berdampak negatif pada proses menulis skripsi itu sendiri.

Baca juga: Sederet Profesor Asal Indonesia Mengajar di Universitas Dunia, Nomor 2 Suami Tsamara

Mendapatkan judul adalah tahap awal dalam menulis skripsi. Maka dari itu, jangan salah pilih judul. Cerdas dalam pemilihan judul harus dilakukan sehingga para mahasiswa tingkat akhir ini pun akan cepat lulus melalui skripsi yang dia buat.



Namun bagaimana mencari judul skripsi yang menarik, layak dan orisinil? Simak 5 tips berikut ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cari tahu hal yang paling diminati atau disukai
Menemukan hal yang diminati itu bisa diawali dari mengapa memilih jurusan yang saat ini ditempuh di bangku perkuliahan. Kemudian ingat kembali apa topik perkuliahan yang memantik minatmu untuk mempelajarinya lebih lanjut. Topik yang diminati ini akan mempermudah menyusun skripsi karena prosesnya saja sudah diawali dengan sesuatu hal yang disenangi

2. Perbanyak literatur dan mendengar informasi-informasi baru
Salah satu kunci untuk menulis skripsi dengan materi yang berisi itu adalah dengan banyak membaca dan mengetahui banyak informasi. Dengan selalu mendengar informasi terbaru dan kekinian yang terjadi di masyarakat maka akan tercipta satu judul skripsi yang menarik dan orisinil. Selain itu dengan banyaknya literatur yang dibaca maka menemukan ide untuk membuat judul juga akan jauh lebih cepat. Banyaknya bacaan dan informasi yang diserap juga akan memperbanyak bahan tulisan untuk skripsi yang akan disusun.

3. Berkonsultasi dengan dosen pembimbing skripsi
Adanya dosen pembimbing memang tugasnya untuk membantu mahasiswa bisa menemukan topik dan judul skripsi sehingga mahasiswa yang dibimbingnya lulus dengan hasil yang memuaskan. Maka jangan ragu untuk mendatangi dosen pembimbing untuk berkonsultasi. Ada baiknya jika sebelum bertemu dengan dosen pembimbing membawa beberapa judul skripsi yang mau diajukan. Setelah itu berkonsultasilah.

4. Bertukar pikiran dengan kakak tingkat atau teman
Usahakan bisa berdiskusi dengan kakak tingkat atau teman yang telah mengerjakan skripsi sehingga bisa mendapat gambaran yang jelas untuk memulai membuat judul dan proses menyusun skripsi berikutnya. Ajang bertukar pikiran ini juga akan memunculkan ide-ide baru dan hal menarik yang bisa diangkat menjadi topik skripsi nantinya.

5. Mencari referensi dari situs ilmiah terpercaya
Hanya dengan berselancar di internet, mencari referensi judul skripsi akan dapat ditemukan pada situs ilmiah yang terpercaya. Poin-poin yang ada di situs ilmiah itu bisa menjadi sebuah ide baru untuk bisa dikembangkan menjadi judul skripsi. Namun pastikan situs ilmiah yang ditelisik itu merupakan situs yang terpercaya seperti situs Academia dan sebagainya.

Sekian ulasan mencari judul skripsi yang menarik. Semoga bisa membantu dalam penyusunan skripsimu ya.
(mpw)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0890 seconds (10.55#12.26)