Tips Sukses Meniti Karier di Dunia Kerja yang Perlu Mahasiswa Tahu

Senin, 29 November 2021 - 19:21 WIB
loading...
Tips Sukses Meniti Karier di Dunia Kerja yang Perlu Mahasiswa Tahu
Mahasiswa harus mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setelah sukses menyelesaikan perkuliahan kini mahasiswa harus kembali sukses meniti karier di dunia kerja yang prosesnya pun tidak bisa instan. Simak strategi meniti karier di dunia kerja yang perlu diketahui mahasiswa.

Alumnus Departemen Teknik Infrastruktur Sipil (DTIS) Mega Widya Ramadhani SST menyebutkan, ada beberapa hal yang dapat disiapkan untuk meniti karier.

Baca juga: UNS akan Tingkatkan Jumlah Mahasiswa Penerima IISMA

Pertama, ia melanjutkan, mahasiswa dapat mulai dengan mengenali diri dan menggali potensinya masing-masing. “Dari sana, mereka dapat memaksimalkan kecakapan yang dimiliki,” tutur pria yang akrab disapa Dani ini melansir laman resmi ITS di its.ac.id, Senin (29/11/2021).

Dani menambahkan, mahasiswa juga perlu mempelajari keunggulan dan kelemahan yang dimiliki para calon saingan. Menurutnya, hal tersebut dapat berguna untuk memperkuat nilai lebih diri sendiri dan mengatasi kekurangan yang dimiliki.

Setelah melalui fase tersebut, kiat selanjutnya ialah menetapkan target karier jangka panjang. Menurut Dani, target jangka panjang ini dapat tercapai jika perjalanan karier tidak stagnan dan terus berkembang.



Baca juga: Riset UGM: Kolesterol akan Turun dengan Konsumsi Daun Herbal Ini

“Penting untuk memperkuat dan memperluas relasi agar kesempatan berkembang tersebut kian terbuka lebar,” imbuh lulus DTIS 2017 ini.

Sepakat dengan Dani, alumnus DTIS lainnya, Ismi Baroroh SST menyatakan jika memelihara relasi adalah hal yang penting dilakukan. Dengan menjaga relasi, kesempatan yang datang kepada lulusan ITS akan semakin bervariasi.

“Sehingga pilihan pengembangan karier tidak sebatas di tempat yang sama,” imbuhnya.

Ismi dan Dani meyakini jika seluruh tahap dalam strategi di atas merupakan proses yang harus diatasi. Oleh karenanya, mahasiswa ITS dapat mulai mematangkan strategi karier mereka sedini mungkin. “Semua ini (karier) bukan hal instan dan harus direncanakan dengan matang,” pungkas keduanya.
(mpw)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1455 seconds (10.55#12.26)