Milad Ke-64 Uhamka, Rektor Beberkan Sejumlah Capaian dan Target Sepanjang 2021

Selasa, 30 November 2021 - 18:54 WIB
loading...
Milad Ke-64 Uhamka, Rektor Beberkan Sejumlah Capaian dan Target Sepanjang 2021
Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) Gunawan Suryoputro dalam acara puncak Milad Uhamka ke-64. Foto/Dok/Uhamka
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka ( Uhamka )Gunawan Suryoputro membeberkan sejumlah capaian Uhamka sepanjang 2021. Rektor juga mengungkapkan sejumlah keberhasilan perguruan tinggi Muhammadiyah itu ke depan.

Hal ini disampaikan dalam acara puncak Milad Uhamka ke-64 bertajuk 'Uhamka Menebar Peduli dalam Keterbatasan Pandemi' pada Kamis (25/11), yang diselenggarakan secara daring dan luring, dan disiarkan langsung di TVMU.



Gunawan menyebutkan, sejumlah capaian di antaranya terbentuknya 9 fakultas sarjana dan pascasarjana yang mencakup 44 program studi (prodi), termasuk satu prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia yang baru saja diterima pada Senin (22/11) lalu.

Tahun ini, Uhamka juga berhasil mempertahankan akreditasi institusi A dan saat ini dalam proses persiapan menuju akreditasi Unggul dan Internasional.

"Tahun 2021 ini kita mengalami peningkatan pada webometrics. Setelah pada 2020 kita masuk pada urutan 227, pada 2021 kita berhasil meningkatkan rangking webometrics menjadi peringkat 69, dan peringkat webometrics pada tingkatan PTM/A kita masuk pada 5 besar dari 165 PTM/A," sambung dia.



Selain itu, Uhamka juga menyediakan sejumlah beasiswa di antaranya beasiswa Kader Langsung Kerja yang diluncurkan pada 2020 silam. Beasiswa eksternal (bidikmisi/KIP, Muamalat, BSI), beasiswa Hamka Muda, beasiswa kader berprestasi, beasiswa prestasi, dan Hamka Scholarship.

"Uhamka juga mendesain program summer course yang diikuti oleh Philipina, Malaysia, Vietnam, Saudi Arabia, Mesir, dan USA. Program Beasiswa dan summer course yang diberikan tentu adalah bentuk kepedulian Uhamka kepada negara, bangsa dan dunia untuk berkontribusi besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," terang Gunawan.

Dalam rangka meningkatkan mutu penelitian dan publikasi, lanjut Gunawan, Uhamka memberikan prioritas kepada para dosen. Saat ini, jumlah riset dosen Uhamka sebanyak 612 penelitian dan di topang langsung oleh Unit Penerbitan dan Publikasi Ilmiah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)