Tingkatkan Mutu Jurnal, APJIKI Gelar Webinar Soal Kebijakan Baru Dikti 2021

Rabu, 01 Desember 2021 - 14:52 WIB
loading...
Tingkatkan Mutu Jurnal, APJIKI Gelar Webinar Soal Kebijakan Baru Dikti 2021
APJIKI menggelar Webinar bagi para pengelola jurnal yang ada di Indonesia bertema Persiapan Akreditasi Jurnal Komunikasi sesuai kebijakan baru 2021. Foto/APJIKI
A A A
JAKARTA - Tingkatkan jumlah akreditasi jurnal komunikasi, Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia ( APJIKI ) menyelenggarakan Webinar bagi para pengelola jurnal yang ada di Indonesia bertema 'Persiapan Akreditasi Jurnal Komunikasi sesuai kebijakan baru 2021.'

Saat ini, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi ( Dirjen Dikti ) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 106/E/KPT/2021 Tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen (BKD).

Baca juga: Pakar IPB: Ini Cara Pertolongan Pertama Jika Digigit Ular Berbisa

Keluarnya kebijakan baru tersebut, diharapkan para penerbit jurnal ilmiah tetap menjaga dan meningkatkan mutu terbitannya agar menjadi wahana komunikasi ilmiah antara peneliti, akademisi, dan masyarakat pengguna.

Kegiatan webinar ini dihadiri sebanyak 120 peserta workshop dari berbagai pengelola jurnal ilmiah, baik pengelola jurnal komunikasi maupun yang di luar bidang komunikasi.

Webinar ini menghadirkan 3 pembicara yakni, Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T, merupakan editor in Chief of Chemical Reaction Engineering & Catalysis; pembicara kedua, Yoga Dwi Arianda sebagai Tim Arjuna; dan pembicara ketiga Dr. Uwes Fatoni M.Ag, editor in Chief Jurnal Sinta 2, pengurus APJIKI.

Baca juga: ITS Dominasi Kompetisi RoboCup Asia-Pasific 2021

Ketua Umum APJIKI Dr. Puji Lestari, M.SI, dalam sambutannya menyatakan publikasi ilmiah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh para dosen.

“Saat ini semua dosen wajib melakukan publikasi dari kegiatan yang telah dilakukan apalagi saat ini semua publikasi akan terekam secara digital melalui aplikasi sister,” ujar Puji dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Rabu (1/12/2021).

Dengan melihat masih adanya penerbit jurnal ilmiah bidang komunikasi yang belum terakreditasi Sinta, tentunya webinar ini akan membantu para peserta dalam pengajuan akreditasi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3187 seconds (10.55#12.26)