Jadi Guru Itu Keren, Ini 9 Alasannya

Rabu, 01 Desember 2021 - 17:13 WIB
loading...
Jadi Guru Itu Keren, Ini 9 Alasannya
Seorang guru mengajar siswa Sekolah Dasar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Guru adalah profesi yang mulia sebab mereka bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa. Sayangnya belum semua orang memiliki keinginan kuat menjadi guru. Padahal ada 9 alasan mengapa mengabdi menjadi guru itu menarik untuk dijadikan pilihan.

Mungkin memang ada orang yang tidak mau menjadi guru karena alasan kesejahteraan. Apalagi masih banyak guru honorer yang digaji tidak layak. Bagi guru honorer saat ini pemerintah tengah membuka rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) agar guru honorer bisa mendapat gaji setara dengan PNS.



Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Rabu (1/12/2021), factor yang membuat orang ‘takut’ menjadi guru mungkin karena membayangkan pekerjaan yang menumpuk ataupun tekanan siswa untuk mendapat nilai yang baik dalam ujian.

Meski begitu, jangan buru-buru mundur tidak mau jadi guru. Sebab masih banyak alternatif yang bisa dipilih untuk menekuni profesi ini. Bahkan, bisa dijalankan secara part time, seperti mengajar bimbel ataupun menjadi guru privat.

Apa saja sih keuntungan yang diperoleh dengan menjadi guru? Simak 9 alasan di bawah ini:

1. Meningkatkan wawasan dan semangat belajar
Saat mengajarkan sesuatu, kamu akan turut serta belajar. Dengan mengajar, semangat untuk terus belajar dalam diri akan semakin bertambah. Bonusnya, otak juga semakin terampil kemampuannya karena terus-menerus diasah dan pengetahuanmu semakin luas tentunya.

2. Pekerjaan tidak monoton
Kata siapa jadi guru itu pekerjaan yang monoton dan membosankan? Dibanding pegawai kantoran, guru justru memiliki pekerjaan yang lebih beragam serta dinamis. Tiap hari guru akan terlibat dengan berbagai macam aktivitas, karakter siswa yang unik, topik-topik yang berbeda, dan tantangan baru.

3. Punya peran penting bagi masa depan
"Today you lead the school, tomorrow your students will lead the world."
Menjadi guru, maka menjadi sosok yang digugu dan ditiru, juga jadi panutan. Guru adalah pengganti orangtua siswa di sekolah. Selain ilmu, siswa juga akan mencontoh perilaku gurunya. Kamu jadi memiliki peran penting dalam membentuk perilaku siswa kedepannya. Tanpa disadari, sekecil apapun hal yang dibagikan, bisa berarti sangat besar dan menggiring pada kesuksesan.

4. Jam kerja fleksibel
Kehidupan pekerjaan seyogianya bisa seimbang dengan kehidupan keluarga. Pekerja kantoran biasanya sulit punya waktu luang di hari kerja. Di sini guru memiliki jam kerja yang lebih singkat. Kalau guru sekolah, menyesuaikan dengan jam sekolah. Apalagi kalau guru privat, bisa tentukan sendiri jamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4634 seconds (0.1#10.140)