5 Persiapan Lulus Kuliah yang Mahasiswa Wajib Tahu

Jum'at, 03 Desember 2021 - 17:56 WIB
loading...
5 Persiapan Lulus Kuliah yang Mahasiswa Wajib Tahu
mahasiswa semester akhir. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jelang akhir tahun sudah banyak perguruan tinggi yang melangsungkan wisuda untuk mahasiswa semester akhir. Tentunya para fresh graduate ini harus mempersiapkan diri kembali. Entah untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi atau pun mencari pekerjaan.

Bagi mahasiswa tingkat akhir menyelesaikan skripsi dengan baik memang harus menjadi fokus utama. Sebab skripsi adalah salah satu persyaratan kelulusan bagi mahasiswa tingkat akhir.



Namun dunia tidak akan berhenti setelah wisuda. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri ke dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan ke tingkat magister baik didalam maupun luar negeri.

Bagi mahasiswa yang ingin berkarier di dunia kerja, persiapan mesti dilakukan sejak dini. Sebab, kompetisi di dunia kerja itu tinggi sekali. Tidak hanya bersaing dengan angkatan kerja dalam negeri sebab di masa kini tenaga asing pun banyak yang masuk ke dalam negeri.



Lalu, bagaimana persiapan lulus kuliah yang harus diketahui mahasiswa? Melansir laman resmi Institut Teknologi Batam di iteba.ac.id, Jumat (3/12/2021), simak 5 persiapan lulus kuliah yang wajib diketahui mahasiswa berikut ini.

1. Buatlah CV dan portofolio
Tahap pertama setelah lulus ialah mencari dan melamar pekerjaan di perusahaan. Hal pertama yang mesti disiapkan adalah membuat curriculum vitae (CV) atau riwayat hidup dan portofolio yang menarik. Untuk CV jangan lupa cantumkan foto terbaru agar bisa dikenali oleh calon perekrut. Sedangkan untuk portofolio cantumkan juga karya-karya yang telah diciptakan selama kuliah. Pastikan portofolionya terkait dengan pekerjaan yang dituju.

2. Buat akun di berbagai job portal
Teknologi membuat para jobseeker lebih mudah mencari pekerjaan. Jika dahulu lowongan pekerjaan hanya dipublikasikan melalui koran atau iklan, kini menemukan lowongan cukup dengan berselancar di dunia maya. Kemudahan tersebut bisa dimanfaatkan dengan membuat akun di beberapa job portal, misalnya LinkedIn. Hal ini akan membuat perusahaan jauh lebih mudah mengetahui profilmu.

3. Latihan wawancara kerja
Untuk mendapatkan pekerjaan yang baik, tentunya akan melalui proses wawancara. Sebaiknya lakukan latihan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang akan diajukan HRD agar bisa semakin tenang dan percaya diri. Saat ini, sesi tanya jawab interview juga sudah banyak tersedia di YouTube yang bisa diakses dengan mudah dan gratis.

4. Ikuti pelatihan yang bersertifikat
Jika saat kuliah sertifikat masih belum sempat mengumpulkan banyak sertifikat, kini beberapa platform pendidikan menyediakan pelatihan bersertifikat. Platform-platform tersebut menyediakan pelatihan gratis maupun berbayar. Namun, pastikan pelatihan yang diikuti sesuai dengan minat bidang pekerjaan.

5. Ciptakan personal branding yang menarik
Personal branding adalah praktik untuk mempromosikan diri yang bisa dilakukan melalui media sosial. Ini artinya mahasiswa perlu melakukan branding diri sendiri di media social masing-masing. Misalnya, untuk mahasiswa Desain Komunikasi Visual bisa mempublikasikan hasil karyanya atau cara membuat karya di Instagram atau TikTok.

Itulah lima persiapan lulus kuliah yang perlu diketahui mahasiswa. Pastikan kamu telah melakukan langkah-langkah di atas sebelum melamar pekerjaan, ya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)