3 Mahasiswa Unkris Lolos Program Hibah Permodalan Kewirausahaan dari Kemenpora

Senin, 06 Desember 2021 - 17:17 WIB
loading...
3 Mahasiswa Unkris Lolos Program Hibah Permodalan Kewirausahaan dari Kemenpora
Tiga mahasiswa Unkris lolos program Kewirausahaan untuk Pemuda 2021 yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Foto/Dok/Unkris
A A A
JAKARTA - Tiga mahasiswa Universitas Krisnadwipayana ( Unkris ) lolos program Kewirausahaan untuk Pemuda 2021 yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Ketiganya, Agung Ihza dari Fakultas Ekonomi, Linggar Putra Sagita dari Fakultas Teknik, Ulfatun Hidayah dari Fakultas Administrasi, berhak mendapatkan dana hibah senilai masing-masing Rp10 juta.

Penyerahan dana hibah dilakukan oleh Imam Gunawan, Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kemenpora mewakili Menpora Zainudin Amali, bersama 78 penerima dari 40 perguruan tinggi mitra Kemenpora. Hadir ikut menyaksikan penyerahan dana hibah tersebut Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan (LPKK) Unkris Dr. Susetya Herawati ST, MSi, dan para pendamping Inkubator Bisnis Unkris Syarif Hartawan M.Kom serta Agus Kusuma MM.



Imam Gunawan dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para mahasiswa yang lolos Program Kewirausahaan Kemenpora tahun 2021. “Para mahasiswa yang lolos ini sudah melalui tahap penyaringan yang sangat ketat. Tim juri melakukan penilaian mulai dari proposal bisnis, bakat, minat hingga kemampuan mahasiswa dalam mempresentasikan proposalnya termasuk bagaimana mahasiswa memberikan argument,” jelasnya.

Ia menyebut bahwa program kewirausahaan yang digelar Kemenpora dari 2013 menjadi upaya pemerintah untuk membangkitkan semangat kewirausahaan dari kalangan pemuda. Dari tahun ke tahun, jumlah peminatnya terus meningkat secara signifikan. Untuk tahun ini saja, rasio pendaftar mencapai 1:238. Atinya satu mahasiswa harus berhadapan dengan 238 peserta lainnya.

Karena itu, Imam meminta para mahasiswa yang sudah lolos program Kewiausahaan agar menjaga semangatnya untuk terus mengembangkan bisnisnya. Menjaga semangat inilah yang sering menjadi kendala bagi para pebisnis pemula. “Manfaatkan inkubator bisnis yang ada di masing-masing kampus untuk dapat terus mengembangkan diri,” lanjut Imam.



Imam menjelaskan,saat ini kewirausahaan menjadi instrument penting untuk mengatasi masalah pengangguran dan untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkesinambungan bagi masyarakat dan bangsa. Berbagai alternatif kebijakan pun dirumuskan untuk mendorong tumbuhnya jiwa wirausaha baru. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk pengembangan kreativitas terus dipacu untuk menjadikan bisnis dengan nilai tambah yang lebih besar.

Sementara itu, Dr. Susetya Herawati ST, MSi Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan yang juga pembimbing Inkubator Bisnis serta Dosen Kewirausahaan Unkris, sangat bangga terhadap prestasi mahasiswa Unkris. Menurutrnya mahasiswa Unkris memiliki ketangguhan dan semangat yang sangat baik di dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki. “Para pembimbing dan pendamping tinggal memotivasi mereka agar terus mengembangkan diri,” tutur Herawati.

Herawati menjelaskan, dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan ada dua dimensi penting yang harus di miliki mahasiswa yaitu penguasaan teknologi dan dukungan permodalan. Penguasaan teknologi karena dunia usaha merupakan bagian strategis dalam system pengembangan teknologi nasional. Teknologi tidak mungkin berkembang tanpa dunia usaha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)