Deretan Pesepakbola Dunia yang Sukses Menempuh Kuliah

Selasa, 07 Desember 2021 - 16:29 WIB
loading...
Deretan Pesepakbola Dunia yang Sukses Menempuh Kuliah
Juan Mata, pesepakbola yang saat ini bermain untuk Manchester United ini tercatat sebagai mahasiswa di Universidad Politecnica e-Madrid. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di tengah kesibukannya berlatih dan bermain menjadi pesepakbola profesional namun para pesepakbola luar negeri ini pun sukses menimba ilmu di perguruan tinggi.

Membagi waktu antara pendidikan dan karier tentunya sangat sulit dilakukan oleh para pesepakbola dunia. Sehingga, beberapa pesepakbola pun lebih memilih fokus ke dunia karier dari pada menempuh studi di perguruan tinggi .



Namun ada beberapa pesepakbola dunia yang memiliki komitmen tinggi untuk menempuh pendidikan hingga meraih gelar di bangku kuliah. Melansir dari laman The Sun, berikut ini segelintir pesepakbola asing yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

1. Juan Mata
Pesepakbola yang saat ini bermain untuk Manchester United ini tercatat sebagai mahasiswa di Universidad Politecnica e-Madrid. Pemain berkebangsaan Spanyol ini mengambil jurusan jurnalistik. Pemain andalan timnas Spanyol itu juga mempelajari ilmu olahraga dan keuangan setelah bergabung Old Trafford.

2. Andrey Arshavin
Mantan pemain Arsenal ini ternyata lulusan dari St Petersburg State University of Technology and Design. Dia mempelajari teknologi pakaian, dan telah menggunakan bakat itu dengan meluncurkan rangkaian pakaiannya sendiri di Rusia.



3. Simon Mignolet
Pesepakbola berkewarganegaraan Belgia ini tidak hanya seorang kiper berbakat. Di tengah kesibukannya menjaga gawang, Mignolet ternyata penyandang 2 gelar sarjana di bidang hukum dan ilmu politik.

4. Giorgio Chiellini
Pemain sepak bola Italia yang bermain untuk klub Serie A Juventus ini pernah menjadi mahasiswa di Universitas Turin dan lulus dengan gelar ekonomi bisnis.

5. Romelu Lukaku
Andalan lini depan Chelsea ini bukan sekedar pemain bola biasa. Mantan bomber Manchester United ini juga bisa berbicara dalam lima bahasa termasuk Inggris, Spanyol, Belanda, Perancis dan Portugis. Lukaku memiliki gelar dibidang pariwisata dan hubungan masyarakat.

6. Edwin Van Der Saar
Mantan pemain Manchester United ini memiliki kecerdasan brilian. Setelah pensiun menjadi kiper, Edwin menempuh kuliah untuk meraih gelar master dalam bidang olahraga dan manajemen merek di Johan Cruyff Institute

Demikian profil sebagian pesepakbola dunia yang menempuh studi di perguruan tinggi di tengah kesibukannya menjadi pemain bola profesional.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2365 seconds (0.1#10.140)