Menuju Akhir Tahun 2021, UNS Tambah 4 Guru Besar Baru

Rabu, 15 Desember 2021 - 06:04 WIB
loading...
Menuju Akhir Tahun 2021, UNS Tambah 4 Guru Besar Baru
UNS Surakarta kembali menambah empat guru besar baru dari berbagai bidang di kampus yang dipimpin Rektor Prof Jamal Wiwoho ini. Foto/Dok/Humas UNS
A A A
JAKARTA - Menjelang akhir tahun 2021, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menambah empat guru besar baru dari berbagai bidang di kampus yang dipimpin Rektor Prof Jamal Wiwoho ini.

Keempat guru besar tersebut yaitu Prof. Dr. Sayekti Wahyuningsih, S.Si. M.Si. Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Fotokatalis pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).



Kemudian, Prof. Ir. Agung Tri Wijayanta, S.T., M.Eng., Ph.D. Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) dan Prof. Dr. Agus Supriyanto, S.Si., M.Si. Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Material Sel Surya FMIPA.

Terakhir, Prof. Dr. Ir. Eddy Triharyanto, M.P. Guru Besar Bidang Ilmu Hortikultura Fakultas Pertanian (FP). Keempat guru besar ini, akan dikukuhkan dalam Sidang Senat Akademik Terbuka UNS pada Rabu (15/12/2021) di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Prof. Dr. Sayekti Wahyuningsih, S.Si. M.Si. yang merupakan guru besar ke-241 UNS dan ke-19 FMIPA UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Material Fotokatalis: Tantangan Dan Potensi Pengembangan di Indonesia.



Prof. Sayekti mengatakan, berawal dari menerjemahkan kata, foto bermakna energi cahaya sedangkan katalis adalah senyawa/materi yang menginisiasi reaksi sehingga fotokatalis adalah reaksi yang berjalan dengan bantuan sinar atau cahaya.

Material fotokatalis akan menerima energi cahaya dan dipergunakan untuk transisi elektronik (perpindahan elektron) dari elektron di keadaan dasar ke keadaan tereksitasi.

Pada material fotokatalis semikonduktor disebut dengan valance band (VB) sebagai keadaan dasar, dan conduction band (CB) sebagai keadaan tereksitasi. Teknologi fotokatalis merupakan salah satu teknologi yang ramah lingkungan (green technology).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2908 seconds (0.1#10.140)