Tim Mahasiswa FT-UMJ Bangun Instalasi Filter Air Bersih di Desa Binaan

Jum'at, 24 Desember 2021 - 13:34 WIB
loading...
Tim Mahasiswa FT-UMJ Bangun Instalasi Filter Air Bersih di Desa Binaan
Tim Mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar program pengabdian  masyarakat pada desa binaan di Bekasi. Foto/Dok/UMJ
A A A
JAKARTA - Tim Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar program pengabdian masyarakat pada desa binaan dengan beberapa bidang keilmuan seperti Teknik Industri, Manajamen, dan Agroteknologi.

Dalam kegiatan tersebut, tim mahasiswa yang beranggotakan Renty AMP, Tri Yuni Hendrawati, Ika Kurniaty, Ratri Ariatmi Nugrahani, Darto, dan Fatma Sari, memberikan berbagai keterampilan kepada masyarakat. Harapannya ke depan, bisa menjadi modal skill baru guna meningkatkan sisi ekonomi sosial masyarakat setempat.

Baca juga: Tertarik Kuliah di Korsel Gratis, Cek Detail Beasiswa KAIST di Sini

"Tim pengabdian masyarakat bergerak dengan program utama utilitas instalasi air bersih bagi rumah hidroponik dan workshop pemasaran produk-produk hasil olahan desa. Kita harapkan ini bisa menjadi bekal keahlian yang bisa meningkatkan dari sisi ekonomi mereka," kata Renty AMP, salah satu mahasiswa.

Program Studi Teknik Kimia FT UMJ mengawali kemitraan dengan Desa Pantai Harapan Jaya Muara Gembong Bekasi pada 2015, di mana masyarakat desa diberikan berbagai keterampilan yang diharapkan dapat meningkatkan sisi ekonomi sosial masyarakat setempat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapatkan dukungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkat UMJ. Program ini lolos hibah dalam Program Bantuan Pendanaan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta oleh Ditjen Kemendikbudristek.

Baca juga: Cak Lontong, Alumni ITS yang Sukses Menjadi Komedian

Kegiatan diawali pada pertengahan Desember 2021, dimulai dengan survei dan pemetaan masalah pada mitra. Dilanjutkan dengan Workshop Industri bersih dan Manajemen pemasaran. Dengan menghadirkan narsumber pakar dari Prodi Teknik Kimia dan Teknik Industri FT UMJ.

Kegiatan tersebut berhasil menghadirkan jumlah peserta yang cukup besar yaitu hampir mencapai 90 an warga.

Masyarakat setempat menyambut antusias kegiatan-kegiatan semacam ini, yang menurut salah satu warga, Samsuri, kegiatan semacam ini memberikan pengetahuan dan keterampilan baru yang mencerahkan juga menyegarkan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1325 seconds (11.210#12.26)