Kenali Profesi dan Gaji Lulusan Fakultas Kehutanan, Nomor 5 Paling Menggiurkan

Senin, 27 Desember 2021 - 13:25 WIB
loading...
Kenali Profesi dan Gaji Lulusan Fakultas Kehutanan, Nomor 5 Paling Menggiurkan
mahasiswa fakultas kehutanan melakukan penelitian lapangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tahukah kamu Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi adalah lulusan dari fakultas kehutanan? Jurusan yang meluluskan orang nomor satu di Indonesia ini ternyata menyimpan potensi karier yang luas di berbagai bidang.

Jurusan ini menjadi salah satu jurusan di perguruan tinggi yang fokus materinya pada hutan, kayu, ekologi tumbuhan, termasuk juga belajar soal satwa dan ilmu tanah.



Lalu pertanyaannya adalah, setelah lulus mau jadi apa? Jurusan kehutanan memang mengantarkan Jokowi menjadi presiden, namun bagi lulusan lainnya memiliki peluang kerja menarik mulai dari bekerja di NGO hingga ke perusahaan tambang.

Buat kamu yang masih bingung pilihan karier setelah lulus nanti, berikut ini 10 peluang atau prospek kerja kehutanan yang bisa dipilih melansir dari laman Renesia di renesia.com, Senin (27/12/2021).

1. NGO
Karier pertama yang bisa dipilih ialah bekerja di Non-Government Organization (NGO) atau dikenal dengan sebutan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia.



Sebagai lulusan sarjana kehutanan, kamu bisa memulai karier melalui lembaga-lembaga non-profit ini untuk ikut menyuarakan hal-hal terkait dengan hutan, seperti penebangan liar hingga kebakaran hutan.

Dari profesi ini, lulusannya berkesempatan mendapatkan gaji mulai dari Rp3,2 juta hingga mencapai Rp5,1 juta per bulan.

2. Perusahaan Industri Hasil Hutan
Yang kedua, lulusan dari jurusan kehutanan bisa bekerja di perusahaan industri hasil hutan. Perusahaan ini merupakan perusahaan industri yang memanfaatkan hasil hutan. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah pabrik kertas. Kisaran gaji yang bisa didapat mulai dari Rp3,7 juta hingga Rp5,5 juta per bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)