IPB Serahkan Helm Sepeda Berbahan Serat Biokomposit ke Gubernur DKI Anies Baswedan

Senin, 27 Desember 2021 - 20:40 WIB
loading...
IPB Serahkan Helm Sepeda Berbahan Serat Biokomposit ke Gubernur DKI Anies Baswedan
IPB University menyerahkan hasil inovasi helm sepeda berbahan baku tandan kosong sawit kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok/Humas IPB
A A A
JAKARTA - Tim inovasi IPB University menyerahkan hasil inovasi helm sepeda berbahan baku tandan kosong sawit kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Penyerahan helm dilakukan secara resmi di Balai Kota Jakarta.

Helm sepeda berpenguat serat Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) “Green Composite” merupakan inovasi dari Departemen Fisika IPB University dengan Inventor Dr Siti Nikmatin.



"Inovasi ini masuk dalam bagian program Matching Fund Kedaireka 2021 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek," kata Dr Siti Nikmatin dalam keterangan pers, Senin (27/12/2021).

Helm biokomposit sepeda ini memiliki dua varian yaitu army dan sporty. Helm tersebut memiliki keunggulan ringan, menyerap panas, ramah lingkungan, produk nasional dari IPB University untuk Indinesia. Helm ini juga nyaman digunakan dan memiliki kekuatan yang unggul dibandingkan helm polimer.

Dr Siti Nikmatin menjelaskan, inovasinya itu berbahan limbah padat sawit dan diproduksi dengan melibatkan kelompok tani lingkar desa perkebunan sawit, mitra industri dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).



Saat ini helm sepeda biokomposit telah dikomersialisasikan oleh Tenant IPB University yaitu PT Interstisi Material Maju dan mitra UMKM PT Ecodue Widya Cadia Internasional yang juga turut hadir dalam kegiatan penyerahan helm sepeda di Pemprov DKI Jakarta ini.

Turut hadir dalam penyerahan helm, Dekan FMIPA IPB University Dr Berry Juliadi, Ketua Departemen Fisika IPB University Dr Tony Sumaryada, Kepala Divisi Fisika Terapan sekaligus anggota riset, Dr Irmansyah, Mitra riset PT Astra Honda Motor, Dwi Arso Yedi Irwanto dan perwakilan mahasiswa MBKM, Dhiya Ulayya Tsabitah.

Dekan FMIPA IPB University, Dr Berry Juliadi menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk dan upaya dalam mengurangi emisi karbon dan mewujudkan lingkungan bersih melalui bersepeda di DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menyambut dengan baik inovasi helm sepeda berbahan bikomposit TKKS. Ia menyebut, inovasi helm tersebut sangat menarik. Menurutnya, inovasi tersebut mendukung produk dalam negeri berbasis riset. "Saya siap membantu memperkenalkan helm sepeda ini secara lebih luas lagi," kata Anies Baswedan.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan karya tulis ilmiah dari Prof Husin Alatas dan tim dalam memberikan solusi banjir di Jakarta.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)