Milenial Mau Buka Usaha, Ini 5 Ide Bisnis Kekinian yang Minim Modal

Jum'at, 31 Desember 2021 - 15:12 WIB
loading...
A A A
2. Fotografi
Jika dulu jasa fotografi memerlukan peralatan fotografi profesional berbanderol jutaan rupiah, kini kamu bisa menjual foto yang dijepret dengan kamera hanphone. Hasil jepretan ini bisa kamu jual di microstock seperti ShutterStock, Pixabay, dll. Komisi pun bisa mengalir ke kantongmu setiap kali foto diunduh dari platform tersebut.

Selain menjual foto melalui platform microstock, kamu juga bisa menawarkan jasa fotografi produk untuk pelaku usaha. Pasalnya, kini banyak pelaku usaha yang membutuhkan foto produk untuk diposting di akun media sosial mereka.

3. Video Production
Bisnis yang satu ini sangat cocok buat yang suka shooting dan editing video. Kini jasa video maker maupun video editor banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang memposting konten di YouTube, Instagram, maupun Tiktok.

Kalau kamu mahir dalam hal ini, kenapa tidak dijadikan bisnis saja? Yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini adalah gadget untuk mengambil video dan video editing software.

Bagaimana jika kamu belum mahir dalam shooting maupun editing video? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa menemukan tutorialnya di internet maupun mengikuti kursus videography.

4. Jasa Les Privat
Kondisi pandemi mengubah pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh. Tak bisa dipungkiri, kondisi ini justru meningkatkan kebutuhan akan guru privat. Pasalnya, tidak semua anak bisa belajar secara mandiri di rumah sedangkan orang tua tidak selalu punya waktu untuk menemani belajar.

Dengan prospek yang besar ini, tidak ada salahnya membuka jasa les privat. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu tidak harus terjun langsung untuk mengajar les. Sebagai pelaku bisnis, kamu bisa membentuk sebuah tim pengajar dan menghubungkan mereka dengan anak didik yang memerlukan les privat.

5. Kuliner Khusus Take Away dan Delivery
Membuka restoran memang membutuhkan modal yang besar karena kamu harus membangun restoran itu sendiri dan menyediakan fasilitas di dalamnya. Namun, dengan modal minim kamu bisa memulai bisnis kuliner yang hanya melayani take away dan delivery.

Apalagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, orang-orang lebih suka membeli makanan take away ataupun order delivery. Jika belum memiliki pegawai untuk melakukan delivery, kamu bisa memanfaatkan platform food shopping seperti Go Food, Shopee Food, dan Grab Food.

Itu dia 5 ide bisnis kekinian minim modal yang bisa dilakukan dengan bantuan teknologi. Tentunya untuk membangun bisnis, juga perlu memahami business management.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2297 seconds (0.1#10.140)