Berbakat di Bidang Seni, Inilah Sederet Artis Papan Atas Lulusan IKJ

Minggu, 02 Januari 2022 - 18:37 WIB
loading...
Berbakat di Bidang Seni, Inilah Sederet Artis Papan Atas Lulusan IKJ
Vincent Ryan Rompies dan Desta, di antara sejumlah artis lulusan Institut Kesenian Jakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berbakat di bidang Seni, Inilah artis lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dengan darah seni yang melekat erat. Institut Kesenian Jakarta adalah satu-satunya Pergururan Tinggi /Kampus kesenian yang berada di daerah Jakarta.

IKJ menyediakan berbagai jurusan di bidang Seni yang dapat dipilih calon mahasiswa , hal ini membuat siapa saja yang mempunyai bakat dan ketertarikan di bidang seni dapat mendaftar untuk masuk di Perguruan Tinggi tersebut.



Dilansir dari ikj.ac.id, IKJ mempunyai tiga fakultas, yakni Fakultas Film dan Televisi (FFTV), Fakultas Seni Rupa (FSR), dan Fakultas Seni Pertunjukan (FSP), ditambah Sekolah Pascasarjana. IKJ menjadi salah satu kampus terdepan berskala nasional di bidang Seni Rupa. Banyak lulusan IKJ yang menjadi seniman profesional dan sukses.

Berbagai kalangan masyarakat dapat dijumpai di IKJ, artis-artis terkenal di Indonesia pun cukup banyak yang menjadi lulusan IKJ. Institut Kesenian Jakarta telah banyak melahirkan aktor, pelawak, sutradara, produser, penari, penyanyi, penyiar radio, musisi, penulis, dan sebagainya.

Semua orang itu mempunyai minat dan bakatnya masing-masing, seperti ada yang bercita-cita menjadi dokter, ada yang ingin menjadi pengusaha, ada yang ingin menjadi penyanyi, dan masih banyak lagi. Semua berhak untuk mempunyai cita-cita sesuai keinginan, dan berhak untuk menggapainya.



Tidak semua orang mempunyai bakat dan ketertarikan di bidang seni. Kalau kamu tertarik di bidang seni, serius tekuni hingga kamu dapat menjadi seniman profesional. Menjadi seniman itu bukan suatu hal yang mudah, dan tidak segampang yang orang lain pikirkan.

Seperti halnya ketika kamu ingin menjadi aktor, kamu perlu mempelajari akting terlebih dahulu sampai ke akarnya sehingga peran yang kamu mainkan dapat menyatu dan menyentuh hati penonton. Untuk dapat menjadi aktor yang bagus tentu perlu melakukan latihan terus-menerus. Begitu pula dengan menjadi pelukis, penyanyi, pelawak, sutradara, dan lain-lain semuanya perlu dipelajari, melakukan latihan berulang-ulang.

Sering kali seniman itu mempunyai waktu istirahat yang sedikit, karena pekerjaan mereka tidak sama seperti pekerjaan kantoran yang mempunyai waktu kerja tetap. Jadwal mereka kadang tidak teratur, dan memakan waktu istirahat. Jadi tentu menjadi seniman bukanlah suatu hal yang mudah.

Kamu dapat melihat artis-artis hebat di Indonesia, mereka tidak sukses secara instan dalam menjadi seniman, perlu bekerja keras dengan ekstra untuk membuahkan hasil yang maksimal.

Sukses dan Berbakat di bidang seni, Inilah beberapa artis lulusan IKJ:

1. Vincent Ryan Rompies
Vincent Ryan Rompies, atau biasa dipanggil Vincent adalah seorang aktor, pelawak, presenter dan mantan bassis dari band Clubeighties, The Cash, dan GoodNight Electric. Saat ini ia sedang menjadi perbincangan warganet karena perilakunya pada saat membawakan sebuah acara yang kerap kali tertangkap camera melakukan hal-hal yang gentleman terhadap bintang tamu perempuan. Vincent dianggap sebagai salah satu laki-laki yang diimpikan oleh perempuan, karena perilakunya yang sering menunjukkan rasa hormat dan menghargai perempuan.

Selain itu, Vincent ternyata adalah alumni Institut Kesenian Jakarta, bakatnya menjadi pelawak, aktor, dan presenter sudah tidak perlu diragukan lagi.

2. Desta
Deddy Mahendra Desta (Desta), ia adalah lulusan IKJ jurusan Desain Grafis, walaupun jurusan Desain Grafis tapi desta sangat piawai menjadi seorang presenter, pelawak, dan penyiar radio. Ia mengawali karirnya menjadi penyiar radio, kemudian terjun di dunia musik, akting, dan saat ini desta bersama Vincent tengah fokus menekuni bidang presenter dan Podcast.

Desta kerap kali tampil di layar televisi bersama Vincent. Mereka berdua bagaikan amplop dan perangko yang tidak dapat dipisahkan. Desta dan Vincent tidak hanya menjadi partner bekerja saja tapi juga telah menjadi sahabat. Di mana ada Vincent disitu ada desta.

3. Virgiawan Liestanto (Iwan Fals)
Iwan Fals, penyanyi legendaris Indonesia. Ia disebut penyanyi sekaligus kritikus, karena Iwan Fals merupakan seseorang yang berani untuk menyanyikan lagu di mana lagu tersebut memiliki lirik yang menceritakan masa-masa kelam era 1970-1980’an di bidang politik. Lewat lagunya ia seakan menyampaikan apa yang dirasa oleh masyarakat kepada pemerintah.

Iwan Fals juga merupakan salah satu artis lulusan IKJ, jurusan Seni Musik.

4. Hanung Bramantyo
Nama Hanung Bramantyo di dunia perfilman Indonesia sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Ia merupakan salah satu Sutradara perfilman Indonesia yang sangat terkenal.

Hanung telah menyutradarai banyak sekali film, ia juga beberapa kali pernah masuk nominasi dan menjadi Sutradara terbaik di Festival Film Indonesia. Hanung merupakan lulusan IKJ jurusan Film, Fakultas Film dan Televisi.

(MG04–Bunaya Putri Zulfikar)
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0751 seconds (0.1#10.140)