Lulusan Jurusan Biologi, Ini Potensi Kerja dan Kisaran Gajinya

Selasa, 04 Januari 2022 - 16:33 WIB
loading...
Lulusan Jurusan Biologi, Ini Potensi Kerja dan Kisaran Gajinya
Laboratorium. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan biologi tidak usah khawatir mau kerja jadi apa di masa depan. Sebab prospek kerja di salah satu jurusan di fakultas MIPA ini ternyata memiliki peluang kerja yang luas dengan gaji yang menarik.

Sesuai dengan namanya, mahasiswa jurusan biologi ini akan mempelajari ilmu tentang makhluk hidup, manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba.



Beberapa subyek yang dipelajari adalah struktur dan anatomi organisme, genetika, fisiologi, ekologi, perilaku, dan sel molekul yang terdapat pada setiap makhluk hidup.

Ilmu biologi juga termasuk prodi yang sebenarnya menarik untuk didalami. Sebab, jika jurusan lain hanya seputar konsep atau hitung-hitungan semata maka berbeda dengan biologi.

Biologi akan mengajak mahasiswa untuk memahami banyak hal tentang organisme hidup. Termasuk bisa memahami mengenai seluk beluk makhluk hidup mulai dari unit terkecil alias sel hingga ke ragam spesies yang ada.



Lalu, bagaimana dengan peluang atau prospek kerja biologi? Berikut ini ada 10 prospek kerja biologi yang perlu diketahui lengkap dengan perkiraan gajinya melansir dari laman renesia.com.

1. Guru
Yang pertama, lulusan sarjana Biologi bisa memilih karier sebagai seorang guru di SMP atau SMA. Kamu bisa memulai langkah menjadi guru honorer atau lembaga bimbingan belajar. Selain itu jika bisa mengikuti tes CPNS dan berhasil, gaji pokok dan tunjangan bernilai jutaan akan menjadi satu keuntungan tersendiri. Rata-rata gaji yang diterima oleh guru yaitu sekitar Rp3,5 juta per bulan.

2. Dosen
Menjadi dosen di Perguruan Tinggi bisa menjadi pilihan masa depan. Namun untuk menjadi dosen diperlukan melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2 atau S3 sebab dosen dituntut memiliki wawasan yang luas. Tak heran kalau gaji, tunjangan dan insentif sangat menggiurkan. Gaji yang diterima oleh dosen yaitu sekitar Rp5 juta per bulan.

3. Penulis
Kalau suka menulis, lulusan biologi bisa memilih karier sebagai penulis artikel lepas atau jurnal ilmiah. Tidak hanya bisa mengisi kolom tulisan di majalah sains namun juga bisa menjadi penulis konten di berbagai website. Semakin bermutu hasil tulisan, maka semakin berpeluang mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah. Dari profesi menjadi seorang penulis, bisa mendapatkan gaji sekitar Rp4,5 juta per bulan.

4. Wirausaha
Tidak semua lulusan Biologi bakal menjadi orang yang berkutat dengan medis atau penelitian. Kamu bisa mengubah pandangan tersebut dengan menjadi seorang wirausaha. Tentu Kamu tetap bisa memanfaatkan ilmu yang didapat selama di bangku sekolah misalnya budidaya jamur, budidaya tanaman dan lain-lain.

Omset jutaan hingga puluhan juta tentu bisa didapatkan tanpa harus bekerja pada orang lain. Penghasilan yang didapatkan memang bisa jadi tidak tentu setiap bulannya. Namun keuntungannya adalah memiliki kendali atas besar kecilnya penghasilan yang didapatkan.

5. Konsultan
Prospek kerja Biologi yang kelima yaitu menjadi seorang konsultan, baik full time atau freelance. Karirnya bisa dimulai sebagai konsultan untuk konservasi lingkungan, atau bisa juga di bagian research and development suatu perusahaan. Bekal ilmu yang telah dimiliki akan sangat berguna dengan profesi ini.

Bayaran yang diberikan tentu sesuai kesepakatan dengan klien yang menggunakan jasa. Gaji yang diterima mulai dari Rp5 juta hingga Rp8 juta per bulan.

6. Ilmuwan
Yang keenam, lulusan sarjana biologi bisa menjadi seorang ilmuwan. Baik menjadi seorang ilmuwan yang bekerja di lembaga milik negara atau perusahaan swasta. Gaji yang dibayarkan pada seorang ilmuwan sangat besar tergantung dengan tugas yang diemban. Lulusan Biologi bisa menjadi ilmuwan baik bekerja di laboratorium atau lapangan. Gaji yang diterima ilmuwan yaitu sekitar Rp5 juta per bulan.

7. Ilmuwan Medis
Yang ketujuh, lulusan Biologi juga bisa menapaki karirr di bidang pekerjaan medis, khususnya di bidang analisis kesehatan atau biomedis. Selain itu juga bisa menjadi ilmuwan ahli serangga, mamalia atau burung yang digunakan untuk pemetaan penyakit yang berasal dari hewan. Gaji yang diterima seorang ilmuwan medis yaitu sekitar Rp5 juta per bulan.



8. Ilmuwan Internasional
Peluang atau prospek kerja biologi bisa semakin cemerlang untuk yang ingin melebarkan sayap ke kancah internasional. Kamu bisa berkesempatan menerbitkan sebuah jurnal ilmiah berdasarkan riset mendalam.

Jika ingin menjadi ilmuwan internasional bisa dimulai dengan mengikuti program pertukaran pelajar, aktif menjadi mahasiswa dan lain-lain. Misalnya, jika berkarier sebagai ilmuwan di Amerika Serikat, dalam setahun, gaji yang bisa didapatkan mencapai USD79.229.

9. Analis Laboratorium
Prospek kerja lainnya yang bisa dipilih yaitu menjadi analis laboratorium. Kemampuan analisis laboratorium bisa berpeluang kerja di BPOM, laboratorium analisis kesehatan, laboratorium uji bahan dan masih banyak lembaga lain.

Gaji yang ditawarkan untuk analisis laboratorium bisa mencapai nominal dua digit. Rata-rata gaji yang diterima yaitu sekitar Rp5 juta per bulan.

10. Teknisi Laboratorium
Yang terakhir, lulusan dari jurusan biologi bisa memilih karier sebagai teknisi laboratorium, Tugas seorang teknisi laboratorium adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pekerjaan di institusi pendidikan tinggi atau sekolah. Laboran bertugas mengecek alat-alat laboratorium secara berkala. Dari profesi ini, bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp5 juta per bulan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)