Calon Mahasiswa, Ini 8 Tips Lulus SNMPTN 2022 Agar Diterima di PTN Impian

Kamis, 06 Januari 2022 - 11:57 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini 8 Tips Lulus SNMPTN 2022 Agar Diterima di PTN Impian
SNMPTN menjadi jalur penerimaan mahasiswa baru yang ditunggu bagi siswa yang memiliki prestasi. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) menjadi jalur penerimaan mahasiswa baru yang ditunggu bagi siswa yang memiliki prestasi. Persaingan ketat pun akan terjadi pada jalur undangan yang dilakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini.

Berbeda dengan Seleksi Bersama Masuk PTN ( SBMPTN ), SNMPTN ini tidak perlu mengerjakan tes melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Namun untuk lulus SNMPTN yakni dengan mengumpulkan nilai rapor yang baik dan karya atau portofolio tertentu sebagai penilaian terhadap kemampuan calon mahasiswa.

Baca juga: Siswa Lulus SNMPTN Tak Bisa Lagi Daftar SBMPTN, Ini Saran Ketua LTMPT

Pertimbangan yang akan diperhatikan di SNMPTN ini adalah akreditasi sekolah dan prestasi alumni di perguruan tinggi negeri terkait. Keduanya akan menjadi pertimbangan banyaknya kuota yang dibuka untuk menerima mahasiswa baru dari sekolah masing-masing.

Melansir laman ruangguru.com, berikut ini 8 tips yang perlu dilakukan agar bisa lolos diterima di perguruan tinggi negeri favorit melalui jalur SNMPTN.

1. Mencari tahu ketentuan dasar jalur SNMPTN
SNMPTN memberikan kuota penerimaan yang berbeda untuk setiap sekolah. Kuota tersebut ditentukan berdasarkan indeks sekolah. Indeks sekolah terdiri dari beberapa kriteria.

Di antaranya akreditasi sekolah, prestasi alumni di perguruan tinggi negeri terkait, nilai peserta SBMPTN yang diterima pada tahun sebelumnya, dan prestasi sekolah.

Baca juga: Ada Golden Ticket SNMPTN untuk Despro ITS, Simak Syarat Masuknya

Kemudian, untuk mengisi kuota itu, barulah peringkat nilai siswa yang akan menentukan. Jadi, semakin tinggi nilai siswa berarti peluang masuk dalam kuota penerimaan SNMPTN dari sekolah masing-masing pun semakin besar.

Berikut adalah ketentuan kuota penerimaan di jalur SNMPTN berdasarkan akreditasi sekolah:
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1462 seconds (10.55#12.26)