Begini Cara Menentukan Pilihan Jurusan Pertama dan Kedua pada SNMPTN-SBMPTN 2022

Jum'at, 07 Januari 2022 - 23:16 WIB
loading...
Begini Cara Menentukan Pilihan Jurusan Pertama dan Kedua pada SNMPTN-SBMPTN 2022
Bingung menentukan dua jurusan kuliah berbeda. Foto/Dok/Pahamify
A A A
JAKARTA - Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2022 sudah semakin dekat. Adakah di antara kalian yang masih bingung menentukan pilihan jurusan kuliah pertama dan kedua saat pendaftaran nanti? Kalau ada, kalian harus segera menentukan pilihan jurusan tersebut, ya.

Bukan sembarang memilih, penentuan jurusan kuliah pertama dan kedua ini harus kalian pertimbangkan secara matang agar peluang lolos SNMPTN atau SBMPTN semakin maksimal. Pertimbangkan peluang diterimanya, sesuaikan dengan minat dan bakatmu.



Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kalian ikuti untuk memilih jurusan pertama dan kedua sesuai minat, serta memiliki peluang diterima yang tinggi. Apa saja cara-cara tersebut? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Aturan Pilihan Jurusan Kuliah pada SNMPTN dan SBMPTN 2022
Sebelum menentukan jurusan kuliah pertama dan kedua, ada baiknya kalian memahami terlebih dahulu aturan mengenai pilihan jurusan kuliah pada SNMPTN maupun SBMPTN 2022.

Pada SNMPTN 2022, ketentuan pilihan jurusan kuliahnya yaitu paling banyak dua jurusan dalam satu PTN atau dua PTN. Enggak cuma itu, kalian wajib memilih satu PTN yang berada di daerah tempat sekolahmu. Kalau kalian mau mengambil satu jurusan saja, kalian bisa memilih jurusan tersebut di PTN mana pun. Sementara kalau memilih dua jurusan, salah satu PTN yang dipilih harus di daerah SMA berada.



Contohnya, kalau kalian saat ini bersekolah di Makassar, lalu ingin mengambil jurusan kuliah Hukum saja, berarti kalian bisa mendaftar di PTN mana pun di luar Makassar, seperti UI, UGM, Unair, dan seterusnya. Namun, apabila kalian berencana mengambil dua jurusan, Hukum dan Psikologi, berarti salah satu PTN dari jurusan tersebut harus berada di Makassar, seperti Jurusan Hukum Unhas.

Pada SBMPTN 2022, ketentuannya tetap sama, yaitu memilih paling banyak dua jurusan dalam satu PTN atau dua PTN. SBMPTN 2022 tidak mewajibkan kalian memilih satu PTN di daerah SMA berada. Jadi, kalian bebas memilih PTN mana pun.

Cara Menentukan Jurusan Pertama dan Kedua
Untuk memaksimalkan peluang lolos SNMPTN maupun SBMPTN, kalian harus mengetahui cara menentukan pilihan jurusan kuliah pertama dan kedua secara benar. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5274 seconds (0.1#10.140)